Tips Menjaga Kesehatan Di Tengah Kepungan Kabut Asap

Tips Menjaga Kesehatan Di Tengah Kepungan Kabut Asap

11 September 2019
Kabut Asap di Riau. Foto:Riau24.com

Kabut Asap di Riau. Foto:Riau24.com

RIAU1.COM - Bencana kabut asap kembali terjadi di Provinsi Riau. Sejumlah wilayah di Riau kini terpapar kabut asap yang semakin menebal akibat pembakaran hutan untuk membuka lahan.

Bahkan, saking tebalnya kabut asap ini hingga menggangu aktivitas warga sehari-hari. Anak-anak sekolah pun diliburkan terpaksa diliburkan karena kabut asap yang hingga saat ini belum mereda.

Tidak hanya mengganggu aktivitas keseharian penduduk saja, kabut asap juga dapat menyebabkan kesehatan terganggu.

Ada beberapa penyakit yang diakibatkan oleh tebalnya kabut asap. Salah satu yang paling banyak ditemukan adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Namun tidak hanya ISPA, penyakit seperti alergi kulit dan iritasi mata juga menghantui para korban dari kabut asap tersebut.

Untuk itu, penting rasanya agar menjaga kesehatan ditengah kepulan kabut asap. Berikut beberapa tipsnya seperti dikutip dari hellosehat.com.





1. Perbanyak minum air putih

Banyak penelitan mengatakan, bahwa kekurangan minum air putih bisa menyebabkan kamu kehilangan konsentrasi. Jika dalam keadaan udara normal saja kekurangan air minum kamu bisa kehilangan konsentrasi, apalagi dalam keadaan udara berselimut asap. Paru-paru akan kotor dan terpapar partikel-partikel jahat yang dibawa oleh asap tadi.

Untuk mengeluarkan partikel-partikel jahat dari tubuh dianjurkan untuk minum air secukupnya. Jangan tunggu sampai dehidrasi, karena kesehatan akan terancam karena kekurangan air sekaligus kerusakan paru-paru akibat menghirup udara yang tercemar.

2. Perbanyak asupan makanan bergizi

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan saat menghadapi ancaman dari udara yang kotor tercemar asap pembakaran. Jadi perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti vitamin C, vitamin E, dan Omega-3. Zat-zat tersebut dapat kamu temukan pada makanan seperti apel, tuna, sarden, kiwi, jeruk, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

3. Pakai masker setiap kali beraktivitas di luar ruangan

Saat berselimut asap, usakan jangan terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan. Tapi apabila kegiatan tersebut tidak dapat ditinggalkan, maka cobalah untuk gunakan masker setiap kali hendak beraktivitas di luar ruangan.

4. Mencuci tangan dan wajah sesudah beraktivitas di luar ruangan

Setiap kali berada di luar ruangan maka tubuh terpapar oleh partikel jahat yang terbawa oleh kabut asap. Jika dibiarkan, maka kulit  juga dapat mengalami gangguan kesehatan, jadi sebaiknya cuci tangan dan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan.

Loading...