Merokok Bisa Bikin Mandul, Benarkah?

10 September 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Banyak orang berpendapat bahwa merokok dapat menyebabkan kemandulan, namun benarkah demikian?

Mengutip healthday.com, berdasarkan beberapa hasil riset, dampak merokok bagi fertilitas (kesuburan) laki-laki yakni dapat menurunkan jumlah sperma. Pergerakan sperma juga menjadi lebih lambat dan kualitas sperma memburuk.

Ini dapat terjadi karena efek rokok terhadap hormon dalam tubuh laki-laki serta paparan terhadap kandungan racun yang terdapat di dalam rokok (kadmium, nikotin, dan timbal). Ketika dihirup, racun bisa masuk ke dalam darah dan mengalir ke testis laki-laki. Akibatnya, kemampuan sperma untuk membuahi sel telur pun menjadi lebih rendah.





Sementara bagi perempuan merokok dapat msnurunkan peluang untuk hamil, jika hamil, beresiko menyebabkan gangguan kehamilan, komplikasi, mengalami kelahiran bayi prematur, atau keguguran.

Selain itu, ada hal-hal lain yang bisa menyebabkan kemandulan, misalnya, paparan terhadap zat-zat beracun di lingkungan sekitar kita serta gaya hidup yang nggak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi kafein, minum minuman beralkohol, dan penggunaan obat-obatan terlarang. Jadi, belum tentu partisipan riset mandulnya karena rokok.

Meski demikian, tidak ada salahnya jika kamu tetap berusaha menghindari rokok. Apalagi, masih banyak dampak negatif lainnya dari rokok selain resiko kemandulan, seperti gangguan pernapasan hingga penyakit jantung.