Jumat, 23 Agustus 2019

GAYA-HIDUP

Musim Asap, Begini Cara Gunakan Masker Yang Benar

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Ditengah kondisi sebagian wilayah riau yang diselimuti asap akibat karhutla membuat kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan. Sebab, menghirup polusi udara yang bercampur asap tentu dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Memakai masker hidung bisa menjadi cara yang cukup ampuh untuk melindungi diri. Masker hidung juga bisa mencegah penularan kuman penyebab penyakit. Meski kelihatannya mudah, cara pakai masker hidung tidak boleh sembarangan.

Cara memakai yang keliru bisa sangat meningkatkan risiko kemungkinan terjadinya masalah. Berikut panduan cara memakai masker hidung alias alias masker bedah yang benar:



BACA JUGA : Jangan Makan Semangka Sebelum Tidur, Ini Akibatnya



Pastikan bahwa ukuran masker pas dengan wajah, tidak kebesaran atau kekecilan. Sebelum menyentuh atau menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Cari sisi luar masker. Jika masker Anda memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka, sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit Anda sementara lapisan hijau menghadap ke luar.

Tentukan sisi atas masker, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung.Untuk masker yang menggunakan tali posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher.



BACA JUGA : Jangan Dibuang, Ini Manfaat Serabut Putih Pada Jeruk



Kemudian untuk masker karet hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung agar masker lebih tertutup rapat. Panjangkan lipatan-lipatan masker kebawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup yakni hidung, mulut, hingga dagu. Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker apalagi sebelum mencuci tangan.

Demikian tadi panduan menggunakan masker yang benar sebagaimana dikutip dari hellosehat.com. Masker yang sudah digunakan hanya boleh digunakan sekali pakai. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa masker ini hanya efektif digunakan selama 3-4 jam pemakaian atau maksimal 1 hari.