Kamis, 18 Juli 2019

GAYA-HIDUP

Kerokan Dengan Bawang Merah, Benarkah Ampuh Atasi Masuk Angin?

news24xx


Bawang Merah, Internet Bawang Merah, Internet

RIAU1.COM - Masuk angin merupakan salah satu gangguan kesehatan. Masuk angin disebabkan adanya tumpukan gas di dalam tubuh. Pada umumnya, gejala masuk angin disarakan oleh tunuh seperti badan pegal, perut mual dan kembung, hidung mampet, serta tidak bisa buang angin.

Kondisi tersebut dapat diobati dengan obat-obatan, seperti paracetamol, ibuprofen, dekongestan, dan antihistamin. Namun, bagi sebagian orang Indonesia salah satu cara mengobati masuk angin juga sering dilakukan dengan cara kerokan menggunakan bawang merah.

Bahkan, cara ini sepertinya sudah turun-temurun dilakukan. Namun, apakah kerokan dengan bawang merah ini sebenarnya ampuh untuk atasi masuk angin?



BACA JUGA : Ini Rentang Usia yang Pas Untuk Melakukan Program Bayi Tabung



Sebuah studi tahun 2002 melaporkan manfaat bawang merah pada sebuah jurnal Phytotherapy Research.  Bawang merah diketahui mengandung senyawa antikanker, antiplatelet (mencegah penggumpalan darah), dan antibiotik. Jika dikonsumsi, kandungan nutrisi bawang merah tentu akan bermanfaat bagi kesehatan.

Walaupun tidak dimakan, bawang merah juga memberikan manfaat ketika digunakan sebagai bahan kerokan untuk mengatasi masuk angin.

Seperti dikutip dari laman hellosehat.com, Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM. M.Kes, menjelaskan, kerokan dengan bawang memberikan efek vasodilatasi, yaitu melancarkan peredaran darah dan menimbulkan efek menenangkan.



BACA JUGA : Berikut 4 Gerakan Olahraga Untuk Kencangkan Miss V 



Kedua efek itulah yang menjadikan kerokan bawang merah ampuh untuk mengatasi masuk angin pada beberapa orang.

Selain itu, bawang merah juga lebih aman digunakan ketimbang menggunakan uang koin dan minyak.

Menggosokkan koin secara berulang dapat menimbulkan gesekan yang kuat hingga membuat kulit iritasi. Sementara, bawang merah memiliki tekstur yang lebih tumpul sehingga risiko mengiritasi kulit lebih kecil.

Oleh karena itu, bawang merah lebih direkomendasikan sebagai bahan kerokan bagi bayi, anak-anak, maupun orang dewasa yang kondisi kulitnya menipis.