Lakukan Tips Ini Untuk Menghindari Keroncongan Selama Puasa

Lakukan Tips Ini Untuk Menghindari Keroncongan Selama Puasa

12 Mei 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Selama puasa, tubuh tidak akan menerima asupan makanan selama 14 jam. Biasanya, kalau perut sudah kosong seperti ini pasti akan mengeluarkan bunyi atau sering disebut keroncongan.

Nah untuk mencegah terjadinya bunyi perut keroncongan selama puasa, berikut tips yang bisa dilakukan zaat sahur.

1. Hindari makanan yang mengandung gas dan lemak saat sahur

Makanan-makanan ini dapat memicu bunyi saat perut sedang kosong. Makanan yang mengandung gas dapat berpotensi memicu produksi asam lambung yang berlebihan, seperti kol dan sawi. Selain itu hindari juga minuman bersoda. Sedangkan makanan berlemak seperti cokelat, keju dan mie instan, akan sulit dicerna dan memicu timbulnya gas dalam saluran pencernaan.

2. Perbanyak asupan protein

Protein bisa membuat perut kenyang lebih lama. Protein yang cukup bisa diperoleh dari daging, kacang-kacangan atau yogurt.



3. Minum air mineral secara teratur

Meskipun puasa, jangan sampai konsumsi air mineral berkurang. Atur dengan pola 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah tarawih dan 2 gelas sebelum tidur. Kurangnya asupan air juga dapat membuatmu mudah lapar.

4. Kurangi aktivitas berat

Semakin berat aktivitas yang dilakukan akan semakin mudah membuat terasa lapar. Oleh karena itu, pandai-pandailah menghemat energi.



5. Tidur yang cukup

Sebisa mungkin jangan begadang saat bulan puasa. Karena dengan tidur yang cukup dapat menjaga metabolisme tubuh tetap seimbang.

6. Jangan melihat video atau gambar makanan!

Nah, ini nih yang paling penting. Semakin sering melihat iklan atau gambar makanan maka akan semakin tergoda untuk mencicipinya. Sehingga perut juga akan terasa lapar. Hal ini terjadi karena reaksi otak yang berkaitan dengan kondisi tubuh dalam keadaan kekurangan makanan.

Loading...