Ada Belasan Penyakit Penyebab Tewasnya Petugas KPPS, 5 Diantaranya Paling Mematikan di Dunia

Ada Belasan Penyakit Penyebab Tewasnya Petugas KPPS, 5 Diantaranya Paling Mematikan di Dunia

12 Mei 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Hasil investigasi Kemenkes RI bersama Diskes di 15 provinsi di Indonesia, tercata ada sekitar 13 penyakit penyebab kematian 450 lebih petugas KPPS usai pelaksanaan Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 lalu.

Mirisnya, lima diantaranya masuk ke dalam deretan 10 penyakit paling mematikan di dunia versi World Health Organization (WHO). Selain itu, penyebab kematian KPPS juga karena ketidaktahuan atas kondisi kesehatan.

"Orang Indonesia itu 34 persen, hampir 40 persen, itu punya hipertensi (tekanan darah tinggi). Dan 70 persen dari 40 persen itu tadi tidak mengetahui dirinya menderita hipertensi," kata Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, dilansir Detik.com, Ahad 12 Mei 2019.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar lima penyakit paling mematikan di dunia yang menyebabkan ratusan petugas KPPS meregang nyawa:

1. Gagal Jantung

AHA memperkirakan gagal jantung atau heart failure memberikan kontribusi 9 persen pada seluruh kematian terkait penyakit kardiovaskular di Amerika Serikat. Otot jantung yang rusak atau melemah merupakan penyebab utamanya.

2. Hipertensi

Pada 2013, Center for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat hipertensi sebagai penyebab utama pada 360.000 kematian di Amerika Serikat. Bila diambil rerata, maka didapat angka nyaris 1.000 kematian tiap hari. Hipertensi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan dalam jangka panjang, gagal jantung.

Loading...

3. Stroke

Bersama-sama dengan penyakit jantung iskhemik, stroke menyebabkan 15,2 juta kematian pada 2016. Keduanya merupakan penyakit paling mematikan dalam 15 tahun terakhir.

4. Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika fungsi ginjal tersisa kurang dari 15 persen akibat penyakit ginjal kronis. Diabetes dan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa menjadi penyebab utamanya. Di Inggris, diperkirakan 19 orang meninggal setiap hari karena gagal ginjal.

4. Diabetes Melitus

Dikenal sebagai penyakit kencing manis, diabetes melitus membunuh 1,6 juga orang pada 2016. Komplikasi penyakit ini bisa menyerang mata, ginjal, jantung dan banyak organ penting lainnya.