Usai Makan Sahur Jangan Langsung Tidur, Ini Dampak Buruknya

Usai Makan Sahur Jangan Langsung Tidur, Ini Dampak Buruknya

6 Mei 2019
Ilustrasi seseorang yang mengantuk.

Ilustrasi seseorang yang mengantuk.

RIAU1.COM - Dalam bulan Puasa Ramadhan ini, ada juga orang orang yang memilih langsung tidur usai makan sahur, karena tak mampu menahan rasa kantuknya.

Tahukah Anda kalau hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan?

Salah satu masalah yang bisa Anda hadapi yakni GERD atau gastroesophageal reflux disease, penyakit pencernaan yang paling umum di dunia.

Dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM/FKUI, Dr dr Ari Fahrial Syam, seperti dilansir Antara, Senin, 6 Mei 2019, mengatakan langsung tidur setelah sahur menyebabkan asam lambung kembali ke arah kerongkongan sehingga saluran cerna bermasalah.

 

Seseorang yang mengalami GERD biasanya merasa dadanya panas seperti terbakar.

Tidur dalam posisi telentang setelah makan bisa memperburuk kondisi ini. Jika tidak diobati, asam lambung yang masuk ke kerongkongan dapat merusak selaput lendir.

Masalah lainnya ialah heatburn akibat kelebihan asam lambung yang menghasilkan sensasi terbakar dari perut ke dada dan tenggorokan.

Mereka yang mengalami heatburn umumnya suaranya serak, radang tenggorokan, batuk kering terutama di malam hari. Sebenarnya, mereka juga akan kesulitan pada malam hari.

Selain itu, stroke juga bisa mengancam Anda yang langsung tidur usai makan. Seperti dilansir Livestrong, sebuah studi dari University of Ioannina Medical School di Yunani menemukan orang yang memberikan jeda paling lama tidur setelah makan berisiko terendah terkena stroke di kemudian hari.

Loading...

 

Studi ini melibatkan 500 orang sehat. 250 orang sebelumnya mengalami stroke dan 250 yang didiagnosis dengan sindrom koroner akut.

Namun, jika benar-benar tak bisa menahan kantuk usai santap sahur, konsultan gastroenterologi hepatologi dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH menyarankan Anda tak langsung tidur dalam posisi rebahan. Anda bisa duduk dalam posisi duduk atau setengah rebahan.

R1/Hee