Waspadai Kanker Ini Apabila Nyeri Panggul Tak Kunjung Reda

Waspadai Kanker Ini Apabila Nyeri Panggul Tak Kunjung Reda

21 Maret 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Kanker serviks adalah salah satu penyakit penyebab kematian wanita yang paling tinggi. Maka dari itu, kamu patut tahu gejala-gejalanya agar bisa diselamatkan. 

"Kalau ada rasa sakit di panggul, pegal-pegal kemudian muncul pendarahan itu bahkan sudah masuk gejala kanker serviks stadium Ianjut, karena kalau awal, stadium 0-1 nggak ada gejalanya," tutur perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia, dr Venita Eng, MSc, dilansir dari laman detikHeaIth, 18 Maret 2019.

Memang gejala awalnya sulit dideteksi, maka dari itu, kamu harus tau tanda-tandanya terlebih dahulu agar bisa ditangani lebih cepat Iagi. Hal yang paling efektif adalah dengan melakukan skrining atau pemeriksaan dini sebelum terjadi gejala. 

"Jadi kita meski merasa sehat tetap datang ke dokter dan skrining, karena hanya dengan skrining baru ketahuan kalau ada kanker serviks sejak dini," imbuhnya. 

Loading...

Jadi, sering-sering melakukan skrining ya agar kamu tahu apakah kamu terkena penyakit mematikan ini atau tidak. Perlu kamu ketahui bahwa kanker serviks ini telah menewaskan 50 perempuan Indonesia per harinya. Jadi penyakit ini tidak bisa kamu sepelekan.