Tak Hanya Lemah Ingatan, Tiga Bahaya Ini Juga Mengancam Tubuh Jika Terlalu Sering Begadang

Tak Hanya Lemah Ingatan, Tiga Bahaya Ini Juga Mengancam Tubuh Jika Terlalu Sering Begadang

23 Januari 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas seharian, tidur merupakan aktivitas penting bagi manusia untuk mengistirahatkan tubuh. Namun sayangnya, banyak yang menyepelekannya dengan tidur di waktu yang terlalu malam atau "begadang". Padahal, seperti dikutip dari bobo.id, tidur terlalu malam atau begadang apat meyebabkan lemahnya ingatan. Tak hanya itu, tiga hal ini juga bisa kita rasakan jika terlalu sering begadang.

1. Lemahnya Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah. Pada malam hari, tubuh seharusnya istirahat. Namun kalau masih belum tidur, tubuh akan menghancurkan sel-sel darah putih. Berkurangnya sel darah putih membuat tubuh menjadi gampang terserang banyak penyakit.

 2. Lemahnya Ingatan

Selain tubuh, otak juga harus beristirahat saat malam hari. Kalau kita masih bangun padahal sudah tengah malam, otak akan terus bekerja sampai kita tidur. Tidur membuat memori kita menjadi kuat. Semakin kita banyak tidur, semakin banyak ingatan yang disimpan di otak. Namun sebaliknya, semakin kita kurang tidur, semakin sedikit ingatan yang tersimpan di otak.



3. Kelebihan Berat Badan

Orang yang sering tidur larut malam bisa jadi berat badannya bertambah. Saat kita tidur, terjadi penurunan leptin dan peningkatan ghrelin. Leptin adalah pemberi sinyal kenyang ke otak, sedangkan ghrelin adalah perangsang rasa lapar. Nah, kalau saat malam hari kita belum tidur tapi ghrelin sudah meningkat, kita bisa menjadi lapar. Maka itu, akan muncul keinginan untuk makan lagi dan menyebabkan berat badan kita bertambah.



4. Kulit Tidak Sehat

Kulit kita akan menjadi tidak sehat kalau kita baru tidur saat larut malam. Tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon stres yang bisa memecah kolagen kulit. Padahal kolagen ini bertugas untuk menjaga kehalusan kulit. Kulit kita juga akan terlihat pucat dan akan muncul kantung mata.

Nah, itulah empat bahayanya jika kita tidur terlalu malam. Mulai sekarang, biasakan tidur tepat waktu, ya!