Jangan Konsumsi Telur Berlebihan, Ini Akibatnya

Jangan Konsumsi Telur Berlebihan, Ini Akibatnya

23 Januari 2019
Telur

Telur

RIAU1.COM - Telur memang enak, praktis, dan bergizi tinggi. Tapi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, ini akibatnya. 

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, konsumsi telur secara berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Protein hewani umumnya akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir metabolismenya adalah asam urat. Kadar asam urat tinggi dalam urine dapat membentuk batu asam urat, salah satu jenis batu ginjal. 

Lalu, berapa jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari? 

Walaupun belum ada batasan maksimal yang pasti, mengonsumsi tiga butir telur sehari masih dianggap aman untuk kesehatan. Anda tidak perlu takut dengan kandungan kolesterol yang terdapat dalam telur, selama dikonsumsi dalam porsi yang seimbang. 

Melansir Instagram @tanya_dokter, 22 Januari 2019, pada dasarnya batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk usia, jenis kelamin, diet, metabolisme abnormal, penyumbatan saluran kemih, infeksi, dan efek samping obat-obatan. 

Ginjal yang rusak dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar kreatinin yang tinggi, proteinuria, dan darah dalam urine. 

Jadi, Anda boleh-boleh saja mengonsumsi telur asalkan dalam porsi sewajarnya. Selain itu, minumlah cukup air setiap hari untuk mencegah terjadinya batu ginjal.