Ini Penyebab Makanan dan Minuman Manis Bikin Cepat Haus

Ini Penyebab Makanan dan Minuman Manis Bikin Cepat Haus

16 November 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Setelah mengonsumsi makanan manis dan haus, rasa haus sering muncul pada tenggorokan. Saat haus mulai terasa di tengah cuaca terik, jus segar atau minuman manis lainnya lebih menarik untuk melepas dahaga. Cara ini justru salah, minuman manis hanya akan menambah rasa haus.

Saat tubuh mengonsumsi makanan dan minuman manis, ini berkaitan dengan lonjakan glukosa (gula) dalam darah. Saat gula mencapai aliran darah, kandungan air dari dalam sel tubuh juga akan bergerak masuk ke dalam darah. Agat cairan darah tidak terlalu oekat akibat kelebihan gula.



Semakin banyak gula yang dikonsumsi maka semakin banyak pula molekul gula yang harus dilarutkan dalam cairan. Otak secara rutin memantau konsentrasi darah untuk mempertahankan kadar yang normal.

Ketika sudah terlalu banyak glukosa dalam darah, sel tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah saatnya tubuh mengonsumsi cairan tambahan. Inilah yang menyebabkan munculnya rasa haus.



Sebenarnya bukan makanan manis saja yang dapat membuat haus. Makanan asin dan pedas pun juga memberikan efek yang sama. Apalagi jika makan makanan manis dan asin secara bersamaan, otomatis sensasi hausnya akan berlipat-lipat.

Sumber: hellosehat.com 

Loading...