Pj Gubri Serahkan Aset Hibah untuk Universitas Riau

Pj Gubri Serahkan Aset Hibah untuk Universitas Riau

6 Agustus 2024
Penandatangan penyerahan aset Pemprov Riau ke Unri.

Penandatangan penyerahan aset Pemprov Riau ke Unri.

RIAU1.COMUniversitas Riau (Unri) menerima hibah aset yang berharga dari Pemerintah Provinsi Riau. Serah terima aset diserahkan secara simbolis oleh Pj Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto.

Aset yang dihibahkan berupa peralatan mesin, gedung bangunan, jalan, irigasi, jaringan, serta aset tetap lainnya. Penyerahan aset dilaksanakan di sela-sela acara pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Lapangan Open Space Unri, Kampus Bina Widya, Kota Pekanbaru, Selasa (06/08/2024).

Dikatakan, Pj Gubernur SF Hariyanto, bahwa hal tersebut merupakan sebagai bentuk langkah Pemprov Riau dalam mendukung dunia pendidikan di bumi lancang kuning. Oleh karena itu, ia berharap hibah tersebut, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Universitas Riau untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas penelitian.


Penyerahan aset hibah Pemprov Riau ke Universitas Riau.

“Hari ini Pemerintah provinsi Riau melaksanakan hibah barang daerah kepada Universitas Riau. Karena itu, semangat ananda semua adalah modal utama kemajuan bangsa kita. Marilah bersama-sama berkolaborasi untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Riau, Prof Dr Hj Sri Indarti, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada Pj Gubernur Riau SF Hariyanto. Menurutnya, hibah aset tersebut adalah momen yang sangat dinanti-nanti dari puluhan tahun oleh pihak sivitas akademika Unri.


Pj Gubri dalam sambutannya saat penyerahan hibah aset.

“Ini merupakan sejarah yang terukir buat Universitas Riau, setelah sekian puluh tahun menanti dengan beberapa pergantian kepemimpinan baik Rektor maupun Gubernur. Maka pada hari ini, setelah Pak Pj Gubernur bertugas lebih kurang 5 bulan dihadapan ribuan mahasiswa dan tenaga kependidikan, hari ini terjadi penyerahan aset dan kesepakatan penyerahan lahan oleh pemerintah provinsi Riau melalui pak Pj Gubernur SF Hariyanto,” ujarnya.


Rektor Unri dalam sambutannya usai terima aset dari Pemprov Riau.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pj Gubernur Riau SF Hariyanto yang sampai hari ini bersedia beliau menyerahkan aset-aset menjadi hibah dan milik Universitas Riau,” lanjutnya.

Dijelaskan, aset yang dihibahkan adalah berupa gedung venue yudo dan silat, venue panjat tebing, bangunan kantor detenap Fisip kampus Panam, gedung arsip PTK Unri, bangunan gedung ruang dosen FEB. Selanjutnya, auditorium Unri, bangunan Stadion olahraga, pembangunan gedung Fakultas Hukum dan bangunan fakultas kedokteran dengan nilai total 69 miliar.


Pj Gubri menyapa mahasiswa baru Unri.

Kemudian, aset tetap lainnya adalah stadion hoki, peningkatan Jalan Lingkar Barat, peningkatan Jalan akses UNRI, peningkatan jalan dan pedestrian akses Jalan Muchtar Lutfi yang mana totalnya sekitar 13,2 miliar. Selain itu juga aset berupa jenis irigasi dan jaringan serta peralatan dan mesin yang bernilai hampir 2 miliar.

“Kesepakatan penyerahan lahan kepada Universitas Riau ini merupakan wujud dukungan dan komitmen yang luar biasa Pemerintah Provinsi Riau dan kota Pekanbaru terhadap pengembangan pendidikan tinggi di daerah kita dan peningkatan kualitas pendidikan dan infrastruktur di Universitas Riau,” jelasnya.


Pj Gubri dan pimpinan Unri.

Diungkapkan, aset tersebut tak hanya menambah nilai kepemilikan atau kekayaan Universitas Riau. Namun, sangat bermanfaat bagi pengembangan universitas kedepannya menuju perguruan tinggi yang mandiri. Baik dalam hal fasilitas akademik penelitian maupun layanan kepada mahasiswa.

“Dengan adanya tambahan aset ini, akan  meningkatakan mutu pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi para mahasiswa termasuk mahasiswa baru. Sehingga, mereka dapat berkembang menjadi generasi yang kompeten dan berdaya saing tinggi,” ungkapnya.


Pj Gubri berbincang dengan Rektor Unri.

Dituturkan, melalui penyerahan tersebut mencerminkan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi untuk berupaya bersama dalam memajukan pendidikan serta pembangunan daerah. Menurutnya, kerja sama ini sangat penting untuk mencapai visi misi bersama menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkontribusi positif buat masyarakat.

“Sekali lagi terima kasih pak Pj Gubernur SF Hariyanto, kerja sama dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah bersama Universitas Riau merupakan kunci suksesnya program ini. Semoga Sinergi yang sudah terjalin dapat kita teruskan untuk kemajuan bersama,” tuturnya. (Galeri)