Tim Sapu Rata akan Tangani Banjir di Kota Dumai

28 September 2024
Pjs Wali Kota Dumai, TR Fahsul Falah tinjau saluran pembuangan air

Pjs Wali Kota Dumai, TR Fahsul Falah tinjau saluran pembuangan air

RIAU1.COM - Menurut Pjs Wali Kota Dumai, TR Fahsul Falah, kerja sama lintas sektor dan koordinasi yang efektif antara instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai terhadap penanganan banjir sangat penting.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) pengendalian banjir bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akhir pekan ini.

"Melalui Rakor ini, kami ingin memperkuat koordinasi yang bertujuan untuk merespons cepat situasi banjir yang terjadi khususnya beberapa titik di wilayah kota, tepatnya di wilayah Kecamatan Dumai Kota dan Kecamatan Dumai Timur akibat intensitas hujan yang tinggi," ujar dia.

Ia juga berpesan kepada OPD terkait di lingkup Pemko Dumai untuk dapat mengambil langkah-langkah nyata untuk pengendalian banjir yang kerap menimpa Kota Dumai melalui tim terpadu yang akan dibentuk, bernama Tim Sapu Rata.

"Untuk saat ini langkah yang bisa kita laksanakan yaitu survei ke titik-titik yang sering banjir, kemudian melalui Tim Sapu Rata yang akan kita bentuk akan kita turunkan untuk membersihkan sedimen maupun sampah-sampah yang menyumbat drainase. Ini kita lakukan agar aliran air lancar dan banjir segera surut," tambahnya.

Kemudian, ia juga menghimbau kepada segenap masyarakat Kota Dumai untuk meningkatkan kesadarannya berprilaku bersih dengan membuang sampah pada tempatnya.

Menurutnya, hal tersebut selain untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, juga menghindari terjadinya banjir khususnya di wilayah perkotaan.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri terhadap pengendalian banjir ini. Perlu dukungan dan kesadaran dari segenap masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah. Dengan begitu, kami yakin banjir di Kota Dumai dapat teratasi dengan baik," tutur TR Fahsul.*