Sopir CPO Terlindas Truk, Disnakertrans Riau Lakukan Penyelidikan

Sopir CPO Terlindas Truk, Disnakertrans Riau Lakukan Penyelidikan

3 Agustus 2024
Truk CPO di Dumai yang melindas sopir

Truk CPO di Dumai yang melindas sopir

RIAU1.COM - Seorang sopir truk pengangkut crude palm oil (CPO) di PT Pacific Indopalm Industries, Kota Dumai, Riau, Kamis (1/8/2024). Sopir truk tersebut meninggal karena dilindas kendaraan yang dikendarainya.

Untuk memastikan persoalan kecelakaan kerja tersebut, penyidik Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Riau langsung melakukan pendalaman.

Kabid Pengawasan Tenaga Kerja (Wesnaker) Disnaker Riau, Bayu Surya, Jumat (2/8/2024) mengatakan, sesuai informasi yang diterima pihaknya, kecelakaan kerja itu terjadi Kamis (1/8/2024). Begitu mendapat informasi itu, pengawas Disnaker Riau langsung turun ke lapangan. 

Berdasarkan keterangan pihak perusahaan, kecelakaan itu terjadi akibat kelalaian sang sopir itu sendiri. Sebab, yang bersangkutan disebut tidak mengikuti SOP saat bekerja. 

"Itu keterangan yang disampaikan pihak perusahaan. Namun, kita tidak menerima keterangan itu begitu saja. Untuk memastikannya, kita menurunkan 2 pengawas, satu tingkat Madya dan satu lagi tingkat Pratama. Petugas ini yang sekarang sedang melakukan penyelidikan,"papar dia.

Saat ditanya kapan hasil penyelidikan akan didapat, pihaknya belum bisa memastikan akan keluar dalam waktu dekat ini. 

Sebab, petugas Disnaker Riau akan melakukan olah TKP sekaligus meminta keterangan dari saksi yang mengetahui peristiwa itu. Termasuk mengumpulkan data dari rekaman CCTV di lokasi kejadian dan aspek lainnya. 

"Terkait jaminan dari BPJS Ketenagakerjaa, pihak keluarga korban sudah bisa mengklaimnya. Begitu pula santunan dari pihak perusahaan. Ini juga termasuk yang kita kawal, supaya hak keluarga korban tidak terabaikan,"sebut dia lagi.

Saat ini, pihak Disnakertrans Riau fokus kepada pendalaman dan penyelidikan kasus kecelakaan kerja tersebut. "Kalau hasilnya sudah keluar, secepatnya akan kita publikasikan,"tukasnya.*