Sekdako Dumai Beri Pesan Penting pada 108 Anggota PPS

Sekdako Dumai Beri Pesan Penting pada 108 Anggota PPS

27 Mei 2024
Anggota PPS se Kota Dumai usai dilantik

Anggota PPS se Kota Dumai usai dilantik

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai, H Indra Gunawan menghadiri pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Dumai yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai, Zulfan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 108 anggota PPS dari 36 kelurahan yang ada di Kota Dumai ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Kota Dumai nomor 187,188,189,190,191,192,193 tahun 2024 tentang Penetapan dan Pengangkatan anggota PPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai pada 7 kecamatan di Kota Dumai Tahun 2024.

Atas nama Pemerintah Kota Dumai, Sekretaris Daerah Kota Dumai H Indra Gunawan mengucapkan tahniah dan selamat kepada seluruh Anggota PPS yang telah terpilih untuk nantinya berkhidmat pada pemilihan Gubernur Riau dan Pemilihan Kepala Daerah yang akan menjelang.

Menurutnya, pelantikan anggota PPS ini adalah suatu tahapan penting dalam menghadapi perhelatan politik di daerah.

"Pemilihan umum yang bebas, jujur dan adil, sangat ditentukan oleh peran anggota PPS, sebab Pemilu merupakan sebuah sistem norma dalam proses penyampaian hak demokrasi rakyat dalam menentukan pilihannya, berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, serta bertanggung jawab berdasarkan aturan main melalui peraturan perundang-undangan yang berlaku," sebut dia.

Ia meyakini, bahwa anggota PPS yang dilantik adalah mereka yang berkualitas dan independen, tidak memihak dan netral, mampu mengesampingkan pretensi untuk berafiliasi dengan politik tertentu, serta tidak akan pernah tergoda dengan politik uang khususnya ditingkat kelurahan.

Ia juga menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat agar dapat bersama-sama, bahu-membahu serta berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang.

"Selamat bekerja kawan-kawan PPS, tugas PPS ke depan sangat menentukan pemimpin Dumai dan Riau pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai 2024," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Dumai Zulfan dalam sambutannya mengucapkan selamat bergabung di keluarga besar KPU Dumai, kepada 108 anggota PPS yang tela dilantik.

Nantinya, 108 anggota PPS ini akan bekerja di setiap kelurahan  yang ada di kota Dumai, yang mana setiap kelurahan diisi tiga orang anggota PPS.

Diterangkannya, setelah dilantik dan diambil sumpah/janjinya maka tanggung jawab ke depan ‎akan lebih besar dan tidak gampang, karena tugas dari PPS akan menentukan pemimpin Dumai dan Riau pada 2024. 

"Saya berpesan kepada kawan-kawan PPS agar bekerja ‎sesuai dengan undang-undang pemilihan serentak, dan bekarjalah berdasarkan aturan yang telah ditentukan," tuturnya.*