Ribuan Sambungan Air Bersih di Kota Dumai Ditargetkan Rampung Bulan Depan

Ribuan Sambungan Air Bersih di Kota Dumai Ditargetkan Rampung Bulan Depan

13 September 2024
Peresmian pemasangan sambungan air bersih di Kota Dumai

Peresmian pemasangan sambungan air bersih di Kota Dumai

RIAU1.COM - Program Pemasangan Sambungan Rumah Baru Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang bertempat di Kecamatan Dumai Timur Kelurahan Tanjung Palas, Kamis (12/09/2024) diresmikan Wali Kota H. Paisal.

Setelah dilakukan survey oleh PDAM untuk pemakaian air di masyarakat, saat ini berkisar di Rp16.000 sampai dengan Rp1.000.000, dan untuk 1 Kepala Keluarga pemakaian air tidak lebih dari 20 kubik.

Untuk di Kota Dumai sendiri pelanggan PDAM saat ini sudah mencapai 10.000 pelanggan yang mana di akhir tahun PDAM menargetkan untuk penyediaan air bersih ini sebanyak 14.000 pelanggan.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Dumai H. Paisal menyampaikan bahwa ini perdana kali pihaknya untuk melaunching sambungan air bersih di Kelurahan Tanjung Palas.

"Insyallah kami menargetkan untuk 5000 rumah dan bulan depan sudah clear, ini juga sudah di subsidi dari APBD Kota Dumai, kita lihat juga antusias masyarakat cukup tinggi untuk mendaftarkan menjadi pelanggan, untuk tahun depan untuk Kecamatan Dumai Timur ini sudah clear semuanya," sebutnya.

Dia juga menjelaskan ada 4 Kecamatan yang menjadi prioritas untuk menjadi pelanggan dan Pemerintah Kota Dumai dan PDAM akan terus berupaya untuk membuat jaringan air di Kecamatan lainnya agar lebih merata pemanfaatannya.

"Ada 4 Kecamatan menjadi prioritas yaitu Dumai Timur, Dumai Barat, Dumai Selatan, dan Dumai Kota, untuk daerah lainnya pemasangan juga lagi berjalan, untuk kualitas airnya sendiri ini sudah standar dari Kementrian Kesehatan dan kita juga sudah berulang kali untuk menguji cobanya di laboratorium dan ini juga sudah layak untuk di konsumsi dan dimasak lain sebagainya,"sebut dia.*