Program Trans Literasi Dispersip Kota Dumai di Bukit Kapur

Program Trans Literasi Dispersip Kota Dumai di Bukit Kapur

29 Agustus 2024
Program Trans Literasi Dispersip Kota Dumai

Program Trans Literasi Dispersip Kota Dumai

RIAU1.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai menggelar kegiatan Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi (Trans Literasi) tahun 2024.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, Dona Fitri Illahi mengatakan, melalui kecamatan akan mengembangkan dan mengayomi literasi di tingkat kecamatan dan kelurahan, serta memberdayakan masyarakat agar meningkatkan literasi untuk kegiatan atau usaha yang dilakukannya.

"Kita di sini atas nama pemerintah Kota Dumai bertugas untuk mengembangkan dan mengayomi literasi di tingkat kecamatan khususnya kecamatan Bukit Kapur mengenai penggunaan lidi sawit untuk berbagai macam kerajinan,"kata Kadispersip Kota Dumai, Dona.

Sementara itu, Camat Bukit Kapur mengatakan bahwa Bukit Kapur mempunyai ikon dan produk andalan hasil kerajinan dari penggunaan lidi sawit di kalangan masyarakat yang masih dapat dikembangkan lagi.

"Penggunaan lidi sawit sebagai andalan dan iconnya bukit kapur, dan kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi pengrajin lidi sawit dan masyarakat lainnya agar dapat berkembang dan bervariasi produknya", Ungkapnya.

Bunda Literasi Bukit Kapur juga berharap kegiatan ini dapat menambah dan meningkatkan literasi serta produk yang telah dikerjakan saat ini. Beliau juga menyatakan bahwa produk dari lidi sawit ini sudah dipasok di dalam dan luar negeri.

"Alhamdulillah lidi sawit sudah dipasok kedalam dan luar negeri, diharapkan dgn adanya koordinasi dan kerjasama ini menjadi lebih baik lagi nantinya, ucapnya.

Setelah melaksanakan pembukaan, selanjutnya masyarakat belajar menganyam dan memanfaatkan lidi sawit untuk kerajinan seperti piring, mangkok dan produk lainnya.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat kecamatan Bukit Kapur, Bunda Literasi Kelurahan dan TP PKK se Kecamatan Bukit Kapur.*