Pertengahan Bulan Ini KRI Dewa Ruci Singgah di Pelabuhan Dumai

Pertengahan Bulan Ini KRI Dewa Ruci Singgah di Pelabuhan Dumai

8 Juni 2024
Persiapan penyambutan KRI Dewa Ruci Singgah di Pelabuhan Dumai

Persiapan penyambutan KRI Dewa Ruci Singgah di Pelabuhan Dumai

RIAU1.COM - Persiapan penyambutan kedatangan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci dalam program Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) tahun 2024 di Kota Dumai, tepatnya di Dermaga C Pelindo Dumai, pada hari Ahad 16 Juni mendatang, tengah dilakukan Pemerintah Kota Dumai.

Dalam keterangannya seusai rapat, Sekdako Dumai, H Indra Gunawan mengungkapkan bahwa pertemuan ini digelar guna memastikan segala persiapan kegiatan agar nantinya dapat berlangsung dengan baik.

"Suatu kehormatan dan kebanggaan Provinsi Riau wabil khusus Kota Dumai terpilih sebagai salah satu lokasi rute pelayaran dan pelaksanaan kegiatan MBJR,"kata dia.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Dumai, Yusmanidar mengatakan, pelayaran melewati titik-titik yang mengandung sejarah perdagangan dan budaya penting menjadi simbol keterhubungan daerah dan konektivitas historis melalui Jalur Rempah. 

"Muhibah Budaya dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengaktifkan kembali jalur ini, menghubungkan titik-titik rempah, dan mempererat ikatan budaya antarwilayah. Adapun rute pelayaran KRI Dewa Ruci pada MBJR tahun ini Jakarta-Belitung Timur-Dumai-Sabang-Malaka-Tjg. Uban-Lampung dan kembali ke Jakarta," sebut dia.

Sementara itu, Kabid Budaya Ainawati mengatakan bahwa kegiatan MBJR di Kota Dumai nantinya akan disandingkan dengan Festival Multikultur Kota Dumai dan Stand Bazar UMKM.

"Untuk Festival Multikultir Kota Dumai akan mempersembahkan berbagai penampilan panggung seni budaya dan etnis dari paguyuban, Pelajar dan Mahasiswa di Kota Dumai. Sedangkan untuk Stand Bazar nantinya akan menyuguhkan ragam kuliner khas daerah, alat dan permainan rakyat seperti Jong, Gasing dan Layang-Layang Kuau Raja Tebuk Isi dari Kota Dumai yang telah diakui sebagai WBTB oleh Kemendikbudristek RI," pungkasnya.*