Penyelenggaraan Statistik Sektoral, Pemko Dumai Peringkat II Tertinggi di Riau

17 Oktober 2024
EPPS 2024 Pemko Dumai dapat predikat Baik

EPPS 2024 Pemko Dumai dapat predikat Baik

RIAU1.COM - Dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pemerintah Kota (Pemko) Dumai meraih pencapaian yang membanggakan.

Berdasarkan hasil penilaian EPSS, nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemko Dumai pada tahun 2024 ini 2,77 poin dengan predikat Baik. Jauh meningkat dibanding nilai IPS pada tahun 2023, hanya 1,50 dengan predikat Kurang.

Hasil penilaian ini disampaikan Kepala BPS Kota Dumai Morhan Tambunan kepada Pjs Wali Kota Dumai TR Fahsul Falah, dalam agenda Penyampaian Hasil EPPS Kota Dumai Tahun 2024 di Ruang Rapat Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai, Rabu (16/10/2024).

Sebagai informasi, hasil penilaian EPSS tahun 2024 untuk Kota Dumai terlampir dalam Surat Keputusan Kepala BPS Nomor 605 Tahun 2024 tentang Hasil EPSS pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Angka ini sekaligus menjadikan Kota Dumai sebagai daerah peringkat ke-II tertinggi se-Provinsi Riau, berada di antara Pemerintah Kota Pekanbaru (peringkat I dengan poin 2,89) dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (peringkat III dengan poin 2,76).

Atas capaian tersebut, Pjs Wali Kota Dumai TR Fahsul Falah mengapresiasi khidmat terbaik yang telah dilakukan seluruh pihak terkait wabil khusus BPS Kota Dumai dan Diskominfotiksan Dumai selaku wali data di Daerah dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai.

"Kami sangat apresiasi. Peningkatan angka yang signifikan ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan komitmen pemerintah daerah dalam memperbaiki kualitas data dan statistik sektoral serta meningkatkan pelayanan publik di bidang statistik," kata dia.

Menurutnya, pencapaian ini tidak hanya menunjukkan kemampuan Pemko Dumai dalam mengelola data statistik dengan baik, tetapi juga menjadi tolak ukur keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Pencapaian yang luar biasa ini jangan sampai bikin kita lengah, masih banyak yang harus kita evaluasi dan kita tingkatkan. Ini manjadi tugas berat agar yang kita raih saat ini dapat kita pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan ditahun depan," ujar TR Fahsul Falah.*