Peningkatan PAD, Pemko Dumai Percepat Penerapan Digitalisasi

Peningkatan PAD, Pemko Dumai Percepat Penerapan Digitalisasi

8 September 2024
Rakor Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Rakor Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

RIAU1.COM - Percepatan dan perluasan digitalisasi daerah di Kota Dumai melalui upaya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah harus diperkuat, dan digesa agar tercapainya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Dumai.

Seperti itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Indra Gunawan kepada anggota yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) saat membuka rapat koordinasi Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi Daerah Kota Dumai Tahun 2024 akhir pekan ini.

"Sinergi dan kolaborasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah terkait dalam upaya ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) harus ditingkatkan guna mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah,"kata Sekda.

Ia juga berharap OPD yang tergabung dalam TP2DD berinovasi meningkatkan sumbangan retribusi daerah.

"Kita harus proaktif untuk mendorong inovasi sistem retribusi. Karena dengan digitalisasi transaksi keuangan maka transaksi keuangan dapat lebih dipertanggungjawabkan, pembayarannya menjadi lebih mudah dan efisien, dan berujung pada meningkatnya penerimaan pendapatan asli daerah," sebut dia.

Sekda meyakini, dengan inovasi transaksi keuangan daerah berbasis digital akan berimplikasi pada peningkatan pendapatan asli daerah, transparansi, akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, serta pelayanan publik. 

"Seluruh aspek ini tentu akan dapat berkontribusi pada percepatan, bahkan lompatan kinerja pembangunan di Dumai Kota Idaman,"tuturnya.*