Peningkatan Kompetensi Guru, Pemko Dumai Kerja Sama dengan UIN Suska

Peningkatan Kompetensi Guru, Pemko Dumai Kerja Sama dengan UIN Suska

20 Juli 2024
Usai penandatangan kerja sama Pemko Dumai dengan pihak UIN Suska Riau

Usai penandatangan kerja sama Pemko Dumai dengan pihak UIN Suska Riau

RIAU1.COM - Penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H. Indra Gunawan bersama Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau H. Kahar pekan ini.

Kesepakatan bersama Pemko Dumai bersama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terkait pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Dumai Tahun Anggaran 2024 tertuang dalam surat PKS Nomor: 415.4/KS/KB/2021/031 dan B-053/Un.04/HM.01/11/2021, Tanggal 03 November 2021 tentang Kerja Sama Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Sekda Kota Dumai, H. Indra Gunawan dalam keterangannya mengatakan bahwa penandatanganan kerja sama antara Pemko Dumai dan UIN Suska Riau ini telah dilakukan sejak tahun 2021 guna meningkatkan kapabilitas guru-guru agama di Kota Dumai serta sebagai wujud implementasi dukungan Pemerintah Kota Dumai terhadap program prioritas nasional.

"Kerja sama ini telah lama kita jalin dengan pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Melalui penandatanganan perjanjian kerja sama ini, kami dari Pemko Dumai kembali mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan PPG pada APBD Pemko Dumai tahun 2024,"kata Sekdako.

Disampaikan Sekdako Dumai, Pemerintah Kota terus berupaya memperbaiki instrument yang digunakan untuk melaksanakan pendidikan profesi guru dalam jabatan pendidikan agama Islam, salah satunya dengan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi.

"Kerja sama dengan UIN Suska Riau telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Dari awal memang maksud kerja sama ini adalah sebagai pedoman pelaksanaan teknis dalam melakukan sinergi kegiatan Pendidikan Profesi Guru kategori Lulus Pelaksanaan dan tahapan seleksi akademik,"ujarnya.

Ia mengaku sepenuhnya yakin dan percaya, dengan tugas dan kewajiban masing-masing yang jelas tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama ini akan membuahkan suatu instrument yang lengkap dalam meningkatkan kualitas guru agama islam di Dumai Kota Idaman. 

"Semakin lama kita bekerja sama, tentulah akan semakin baik pula hasilnya, karena kontinuitas adalah salah satu instrument perfeksionitas," imbuhnya.*