Pemko Dumai Lestarikan Budaya Melayu Melalui Festival Gasing dan Jong

Pemko Dumai Lestarikan Budaya Melayu Melalui Festival Gasing dan Jong

25 Agustus 2024
Perwakilan peserta festival gasing dan jong di Kota Dumai

Perwakilan peserta festival gasing dan jong di Kota Dumai

RIAU1.COM - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Dumai, Syahrinaldi, membuka Festival Permainan Rakyat Lomba Gasing dan Jong yang bertempat di Pantai Pak Mo Kelurahan Teluk Makmur akhir pekan ini.

Festival Permainan Rakyat Lomba Gasing dan Jong  yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Bidang Kebudayaan tersebut, ada 10 tim untuk Gasing dan untuk  Jong ada 78 orang, dengan 8 juri untuk jong dan 3 juri untuk gasing.

Pada kesempatan tersebut, Asisten II Syahrinaldi, menyampaikan budaya melayu sangat kaya dengan permainan unik yang harus dikembangkan dan dilestarikan sehingga tidak hilang ditelan oleh zaman.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menyelenggarakan perlombaan ini, dan dengan adanya ini dapat melestarikan budaya melayu dan juga menarik wisata dari luar juga," kata dia.

Lalu dia juga berharap permainan rakyat ini dapat terus dilestarikan, sehingga dapat diselenggarakan setiap tahunnya dan diikuti oleh peserta dari luar Kota Dumai juga.

"Kita berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan tiap tahunnya dan dapat juga menarik peserta dari luar Kota Dumai sehingga permainan rakyat ini dapat terus dilestarikan," harapnya.*