Kota Dumai Luncurkan Integrasi Layanan Premier

Kota Dumai Luncurkan Integrasi Layanan Premier

15 Agustus 2024
Saat Peluncurkan Integrasi Layanan Premier di Kota Dumai

Saat Peluncurkan Integrasi Layanan Premier di Kota Dumai

RIAU1.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr. Maria Endang Sumiwi, didampingi Sekdako Dumai H. Indra Gunawan meluncurkan Integrasi Layanan Premier (ILP) pada Puskesmas Dumai Kota, Rabu (14/8). 

Diketahui, ILP merupakan sebuah upaya untuk menata dan mengoordinasikan berbagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat. ILP dilaksanakan sepanjang proses, mulai dari janin, lahir, remaja, dewasa, dan tua.

ILP ini akan dilaksanakan pada 10 Puskesmas, 36 Puskesmas Pembantu dan 201 Posyandu se Kota Dumai.

Kota Dumai sendiri merupakan salah satu Kota pertama selain Kabupaten Kampar yang merealisasikan program layanan kesehatan ILP di Puskesmas, Pustu dan Posyandu. 

Dirjen Kesmas Kemenkes RI menyampaikan bahwa ILP ini merupakan langkah Kemenkes untuk mencapai seluruh masyarakat melalui Posyandu, Pustu dan Puskesmas yang jumlah totalnya mencapai ratusan ribu di seluruh Indonesia. 

"ILP ini merupakan salah satu program unggulan Kemenkes RI agar seluruh masyarakat dapat menjangkau dan dijangkau oleh layanan kesehatan yang mumpuni. Untuk Provinsi Riau, Kota Dumai merupakan kabupaten kota  kedua bersama Kabupaten Kampar yang telah meresmikan penggunaan Integrasi Layanan Primer," ujar dr. Maria Endang.

"Kami akui bahwa Kota Dumai terus bergerak cepat dalam transformasi kesehatan menuju pelayanan yang semakin prima. Hal ini tentu perlu komitmen kuat dari kepala daerah, unsur dinas dan stakeholder sebagai perumus serta eksekusi dari kebijakan," ujarnya lagi.*