Kecamatan Medang Kampai Dumai Punya Produk Unggulan Olahan Nenas

Kecamatan Medang Kampai Dumai Punya Produk Unggulan Olahan Nenas

4 September 2024
Giat Trans Literasi di Kecamatan Medan Kampai Dumai

Giat Trans Literasi di Kecamatan Medan Kampai Dumai

RIAU1.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai menggelar kegiatan Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi (Trans Literasi) di Kecamatan Medang Kampai.

Kegiatan ini diikuti oleh TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kecamatan Medang Kampai, Dharma Wanita dan masyarakat Medang Kampai.

Camat Medang Kampai Indra Gunawan, menyambut antusias kedatangan Tim Dispersip Kota Dumai dan berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat Medang Kampai.

Dia menyampaikan bahwa Kecamatan Medang Kampai memiliki produk yang bahan bakunya berasal dari buah nenas. Nenas dari Kecamatan Medang Kampai tidak hanya dijual di Dumai, tetapi juga dibawa ke Medan dan di ekspor ke Malaysia.

"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi peluang usaha kita nantinya karena nenas disini pasokannya banyak, jadi butuh pengolahan yang baik menjadi produk yang lain agar bisa meningkatkan pemasukan masyarakat Medang kampai,"sebut dia.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, R Dona Fitri Illahi, menyampaikan tujuan kedatangannya dan tim di Kecamatan Medang Kampai yaitu untuk meningkatkan literasi masyarakat Medang Kampai.

"Berbagai macam kita laksanakan, salah satunya kegiatan seperti ini yaitu program trans literasi untuk menambah dan meningkatkan literasi di masyarakat,"ujarnya.

Dia berharap bagaimana nenas ini tidak hanya dijadikan sirup nenas, tapi juga dapat menjadi olahan yang lebih banyak, dan dapat menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat.

"Saya mengajak kepada seluruh peserta untuk meningkatkan literasi dengan tetap menghidupkan perpustakaan, dengan mencari buku yang dapat membantu meningkatkan penghasilan masyarakat dengan olahan-olahan yang banyak ditemui di daerahnya, khususnya Medang Kampai dengan olahan nenasnya,"tukasnya.*