Diskusi dengan Pejabat Kementerian PUPR, Wako Dumai Paparkan Strategi Tangani Banjir

21 Agustus 2024
Peserta FGD penanganan banjir di Kota Dumai

Peserta FGD penanganan banjir di Kota Dumai

RIAU1.COM - Direktur Bina Teknik Kementerian PUPR RI, Dr. Muhammad Rizal, menggelar focus group discussion (FGD) dalam rangka diskusi terkait pengendalian banjir air rob dan air hujan di Kota Dumai, terutama area pesisir yang berada di pusat perkoataan, Selasa (20/08/2024).

Pada kesempatn ini, Wali Kota Dumai, H. Paisal, memaparkan rencana jangka pendek, menengah dan panjang Pemerintah Kota Dumai dalam penanggulangan banjir air rob dan air hujan. Dalam paparannya, Wako Paisal menjelaskan bahwa Pemko Dumai berencana untuk mengontrol banjir melalui hilir Sungai Dumai.

"Direncanakan, Pemko Dumai akan melaksanakan pengendalian banjir melalui hilir Sungai Dumai, dengan tetap memperhatikan eksistensi dari Bandar Bakau di Jalan Nelayan serta area aktifitas perkapalan di Muara Sungai Dumai,"kata Paisal.

Sebab itu, Wako Paisal meminta dukungan Kementerian PUPR agar program berjangka ini bisa berjalan dengan lancar, dan rencana penanggulangan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan melalui kajian ini. 

"Sebagai wilayah pesisir, kami sadari bahwa Kota Dumai menghadapi ancaman banjir yang lebih ekstra ketimbang area daratan. Oleh sebab itu kami sudah mengkaji masterplan dan kami harapkan Kementerian PUPR RI bisa ikut serta berkontribusi baik secara rencana, kajian, pembiayaan dan sebagainya,"sebut Paisal.*