Camat dan Lurah di Kota Dumai Dapat Pengenalan Pengelolaan SP4N-LAPOR!

10 Juli 2024
Sosialisasi SP4N-LAPOR! di Kota Dumai

Sosialisasi SP4N-LAPOR! di Kota Dumai

RIAU1.COM - Sosialisasi Pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional /Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) digelar Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Dumai.

Sosialisasi yang dibuka Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai, H Indra Gunawan itu diikuti Camat dan Lurah se-Kota Dumai, serta Admin SP4N LAPOR! tiap kecamatan.

Untuk diketahui, SP4N-LAPOR! merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik. Layanan ini telah terintegrasi secara nasional pada kementerian, lembaga, dan pemerintah kabupaten/kota.

Diterangkan Kabid IKP Saddam, pemanfaatan SP4N LAPOR! di Kota Dumai kini telah berjalan namun bisa dikatakan masih belum maksimal. 

Menurutnya, untuk mengoptimalkan layanan ini perlu sinergitas bersama dari pihak kecamatan dan kelurahan untuk mensosialisasikan aplikasi dan website SP4N LAPOR! ini kepada masyarakat.

"Masyarakat kini diberi ruang yang besar untuk menyampaikan laporan soal keluhan atau masukan atas pelayanan publik pemerintah melalui kanal SP4N LAPOR!, karena hal ini merupakan komitmen pemerintah yang menjamin hak seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas, akuntabel, dan transparan," ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Kominfotiksan Dumai Adli menekankan pentingnya sosialisasi SP4N LAPOR! ini kepada pihak kecamatan dan kelurahan sebagai ujung tombak pemerintah daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Melalui sosialisasi hari ini, kami harap para Lurah yang hadir dapat berperan aktif membantu mensosialisasikan SP4N-LAPOR! kepada masyarakat. Ini adalah langkah penting menuju pelayanan publik yang lebih baik dan transparan," tuturnya.

Disisi lain, Sekdako Dumai Indra menyampaikan bahwa aplikasi ini telah menjadi bagian penting dari upaya untuk memotong birokrasi dan mempercepat penyelesaian masalah di instansi pelayanan publik.

"Sampaikan kepada masyarakat jika ingin melaporkan berbagai kritik, masukan dan saran kepada pemerintah ataupun layanan publik lainnya bisa melalui kanal SP4N LAPOR!. Tidak perlu takut untuk melapor karena identitas pelapor dijamin kerahasiaannya," imbuhnya.*