BPS Beberkan Faktor yang Mempengaruhi Inflasi di Kota Dumai

4 Juni 2024
Rilis BPS Kota Dumai

Rilis BPS Kota Dumai

RIAU1.COM - Rilis inflasi Kota Dumai bulan Mei Tahun 2024 dihadiri Sekretaris Daerah Kota H. Indra Gunawan

Rilis inflasi Kota Dumai bulan Mei tahun 2024 dan rakor pengendalian inflasi TPID Kota Dumai tersebut merupakan agenda rutin yang akan dikeluarkan setiap bulannya di tanggal 1 yang dilaksanakan secara daring.

Sekda Kota Dumai H. Indra Gunawan, menyampaikan ada 5 komoditas yang menyumbang inflasi untuk periode bulan Mei tersebut.

"Inflasi ini bisa terjaga dan terkendali dan jangan sampai menggeroti ekonomi masyarakat dan kita kendalikan agar jangan menganggu masyarakat untuk ekonominya, untuk itu ada tim yang akan mengendalikan inflasi tersebut,"kata dia.

Kemudian, dia juga berharap inflasi tersebut dapat terjaga dengan baik dan pengendalian inflasi ini dilaksanakan berupa insentif yang bisa digunakan untuk masyarakat.

"Nanti kita dengar berita inflasi statistik dan teman-teman dapat memberikan saran pendapat untuk yang sudah dilakukan dan akan dilakukan, kita dari teman-teman lain untuk ikut memantau pergerakan estimasi pergerakan barang untuk di hari-hari besar dan tertentu dan komoditi yang rentan terhadap kondisi saat ini," harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Dumai Drs. Morhan Tambunan, dalam paparannya menyebutkan rilis statistik inflasi yang akan dijelaskan tersebut untuk bulan Mei.

"Kita lihat dari indek harga konsumen dari bulan Januari sampai Bulan Mei terjadi kenaikan, untuk bulan Mei dari 0,70 persen, inflasi ini masih di dominasi di makanan minuman dan tembakau, kalau kita perhatikan kondisi inflasi di tahun 2024 dan 2023 kita lihat grafiknya masih sama, untuk tahun 2024 harapan kita ini dapat menurun, kita bandingkan posisi bulan Mei tahun 2024 dan tahun 2023 andil inflasi yaitu daging ayam ras, sedangkan di tahun 2024 yaitu, cabai merah," sebut dia.*