Bahu-membahu Menggiatkan Literasi Masyarakat Kota Dumai

21 Oktober 2024
Semarak Literasi di Kota Dumai

Semarak Literasi di Kota Dumai

RIAU1.COM - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Pustaka Bintang Dumai menggelar Semarak Literasi dengan mengadakan seminar Menumbuhkan Minat Baca Anak Melalui Buku Bacaan Bermutu dan Read Aloud dan disertai dengan pameran buku bacaan bermutu.

Program ini merupakan bantuan dari Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI.

Acara yang terbuka untuk umum diikuti mulai dari guru, orang tua, pelajar serta kalangan swasta dengan total peserta sebanyak 70 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TBM Rumah Pustaka Bintang, Rizca Defriyani sekaligus Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Kota Dumai menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan literasi masyarakat Kota Dumai. 

"Program ini bertujuan untuk mendukung program merdeka belajar dan meningkatkan serta menggiatkan literasi bagi keluarga dan masyarakat Kota Dumai,"kata dia.

"Selain itu, acara ini juga menjadi sebuah bentuk sinergitas dan kolaborasi untuk membangun masyarakat yang literat di Kota Dumai serta upaya menambah sarana dan koleksi buku untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat Kota Dumai,"sambung dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, R. Dona Fitri Illahi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Pustaka Bintang Dumai dan seluruh panitia yang telah menggelar acara puncak Semarak Literasi, menampilkan pameran buku bacaan bermutu yang diterima dari Perpusnas RI. 

"Atas nama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, kami mengapresiasi kegiatan ini karena dapat mendorong masyarakat yang ada di Kota Dumai menjadi masyarakat yang literat yang berpengetahuan, yang inovatif dan kreatif. Untuk itu, sangat diperlukan kolaborasi antar pemerintah, pusat, pemerintah daerah, komunitas literasi, pegiat literasi dan swasta," ujarnya.*