Hasil Survei BI, Harga di Pedagang Eceran akan Meningkat di Tiga Bulan ke Depan

Hasil Survei BI, Harga di Pedagang Eceran akan Meningkat di Tiga Bulan ke Depan

11 Desember 2018
Lambang Bank Indonesia. Foto: Antara.

Lambang Bank Indonesia. Foto: Antara.

RIAU1.COM -Penjualan eceran masih meningkat pada Oktober 2018. Meski, pertumbuhan penjualan eceran melambat dibandingkan September 2018.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman dalam simpulan Survei Penjualan Eceran Oktober 2018, Senin (10/12/2018), di Jakarta, mengatakan, penjualan eceran diperkirakan terus meningkat pada November 2018. Hal ini terindikasi dari pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) sebesar 3,4 persen year on year (tahun ke tahun).

Pertumbuhan penjualan eceran di November 2018 diproyeksi masih didorong oleh penjualan subkelompok komoditas sandang, kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, serta barang budaya dan rekreasi.

"Meski demikian, hasil survei juga mengindikasikan ada tekanan harga di tingkat pedagang eceran yang akan mengalami peningkatan dalam tiga bulan mendatang atau Januari 2019," sebutnya.

Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH). Dimana, IEH akan lebib tinggi pada tiga bulan mendatang yaitu sebesar 163,9, lebih tinggi dibandingkan dengan IEH hasil survei bulan sebelumnya.

Sumber: Antara