Akhir Desember 2018, Pembebasan Lahan Jalan Tol Banda Aceh -Sigli Selesai Sepanjang 40 Km

Akhir Desember 2018, Pembebasan Lahan Jalan Tol Banda Aceh -Sigli Selesai Sepanjang 40 Km

14 Desember 2018
Ini ruas titik pertama jalan tol Banda Aceh - Sigli yang mulai dikerjakan Jumat.

Ini ruas titik pertama jalan tol Banda Aceh - Sigli yang mulai dikerjakan Jumat.

RIAU1.COM - Yang paling rumit dalam pembangunan jalan tol saat ini adalah masalah pembebasan lahan milik masyarakat.

Untuk itu, Pembebasan lahan jalan tol pertama di Provinsi Aceh, yakni ruas Banda Aceh-Sigli hingga Desember 2018, ditargetkan selesai mencapai 40 kilometer dari total rencana proyek sepanjang 74 km.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto mengatakan hal itu saat mendampingi Presiden Jokowi pada peresmian peletakan batu pertama jalan tol tersebut di Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat, 14 Desember 2018. 

Sugiyartanto mengatakan pihaknya meyakini target bisa tercapai mengingat perkembangan yang signifikan khususnya antara Banda Aceh hingga ke Indrapuri.

"Sekarang di segmen empat Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 km, sudah bebas tujuh hingga delapan km. Nah, sambil berjalan pembebasan sambil meneruskan seksi-seksi berikutnya," katanya, seperti dilansir Antara. 

 

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di lokasi yang sama.

Bahkan, Herry meyakini pada pertengahan 2020, ada sebagain proyek yang ditargetkan rampung seluruhnya pada 2021 ini bisa selesai.

"Dari investasi, kontraknya selesai Maret 2021 untuk semua seksi. Dan, karena progres tanah bagus, maka diharapkan pada pertengahan 2020, ada sebagian ruas tol selesai. Lalu, pada Desember 2019 targetnya lahan selesai, hingga bisa fokus untuk konstruksi," ucapnya.

Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 km memiliki nilai total investasi Rp12,35 triliun untuk konstruksi dan biaya lainnya. 

"Sedangkan untuk pembebasan lahan melalui skema pembiayaan dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)," ujar dia.
 
Tol Banda Aceh-Sigli yang termasuk bagian Jalan Tol Trans Sumatera ini, terbagi enam seksi, yaitu Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13 km, Blang Bintang-Kutobaro 8 km, Kutobaro–Simpang Baitussalam 5 km, Padang Tiji-Seulimeum 26 km, Seulimeum-Jantho 6 km, dan Jantho-Indrapuri 16 km.

Dengan tol ini, diperkirakan waktu tempuh Banda Aceh-Sigli yang selama ini menghabiskan waktu tiga jam, akan berkurang hanya satu jam saja. Jadi lebih pendek kan.

Loading...

R1/Hee