Cina dan Pemulihan Ekonomi Global jadi Faktor Eksternal Naiknya Harga TBS Sawit di Riau Pekan ini

Cina dan Pemulihan Ekonomi Global jadi Faktor Eksternal Naiknya Harga TBS Sawit di Riau Pekan ini

20 Oktober 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

riau1.com/">RIAU1.COM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Riau periode 21 Oktober hingga 27 Oktober 2020 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja menuturkan, jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp127,09 per kilogram atau mencapai 6,37 persen dari pekan lalu.

"Dengan begitu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan juga mengalami kenaikan menjadi Rp2.122,77 per kilogram," kata Defris, Selasa 13 Oktober 2020.

Defris menuturkan, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab kenaikan harga TBS sawit di Riau untuk periode pekan ini.

Loading...

"Karena harga CPO didorong tingginya permintaan dari Cina seiring dengan retail sales makanan yang terus menunjukkan pertumbuhan positif serta temporer dari India untuk restocing," tuturnya.

"Selain itu, harga minyak mentah dunia pada kuartal III tahun 2020 ini juga mengalami peningkatan sejalan dengan pemulihan ekonomi global," pungkasnya.