Fenomena Alam dan Tingginya Permintaan Ekspor dari India jadi Faktor Naiknya Harga TBS Sawit di Riau Pekan ini

Fenomena Alam dan Tingginya Permintaan Ekspor dari India jadi Faktor Naiknya Harga TBS Sawit di Riau Pekan ini

4 Agustus 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

riau1.com/">RIAU1.COM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Riau periode 5 Agustus hingga 11 Agustus 2020 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja menuturkan, jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp13,17 per kilogram atau mencapai 0,71 persen dari pekan lalu.

"Dengan begitu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan juga mengalami kenaikan menjadi Rp1.873,60 per kilogram," kata Defris, Selasa 4 Agustus 2020.

Defris menuturkan, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab kenaikan harga TBS sawit di Riau untuk periode pekan ini. "Yakni dipicu penurunan produksi akibat fenomena alam," tuturnya.

"Hal ini terlihat dari seringnya perusahaan tidak melakukan penjualan mingguan, karena CPO yang dihasilkan diprioritaskan untuk memenuhi kontrak berjangka sebelumnya," ungkapnya.

Defris menambahkan, suplai yang menurun atau berkurang diikuti dengan permintaan yang melonjak, membuat harga minyak kelapa sawit terkerek naik.

"Kenaikan permintaan ekspor datang dari India, selain itu harga CPO pekan ini juga dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak nabati lain," pungkasnya.