Begini Cara Daihatsu 'Manjakan' Karyawan dengan Fasilitas Kesehatan Agar Terhindar dari Wabah Corona

Begini Cara Daihatsu 'Manjakan' Karyawan dengan Fasilitas Kesehatan Agar Terhindar dari Wabah Corona

1 April 2020
Karyawan Daihatsu

Karyawan Daihatsu

RIAU1.COM - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menerapkan imbauan pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan menjalankan produksi sistem 1 shift. Waktu produksi lebih singkat dari biasanya.

Daihatsu mengungkapkan, dengan pengurangan waktu produksi mobil ini maka karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian. Karyawan pabrik Daihatsu hanya bekerja dua hari sekali. Meski begitu, upah tetap dibayar penuh.

"Karyawan merupakan asset Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemic Covid-19. Semoga pandemic global Covid-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir," kata Corporate Planning & Communications Director ADM, Amelia Tjandra, Rabu 1 April 2020.

Selain menerapkan pengurangan waktu produksi, Daihatsu juga telah melaksanakan beberapa kegiatan pencegahan untuk melindungi dan mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kerjanya.

Diantaranya, Daihatsu membuat tempat cuci tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau yang membuat karyawan bisa lebih sering mencuci tangan. Sebelum memasuki area pabrik, seluruh karyawan juga dicek suhu tubuhnya.

Dalam rangka meningkatkan imunitas karyawan, Daihatsu juga mengubah kebijakan fasilitas kesehatannya. Sekarang karyawan bisa melakukan pembelian vitamin secara bebas tanpa resep dokter. Tersedia juga fasilitas hotline 24 jam bagi karyawan yang ingin berkonsultasi atau bertanya yang akan dijawab langsung oleh dokter ahli.

"Jika ada karyawan yang demam, mereka harus masuk ke klinik yang sudah disediakan, dan apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes Covid-19 untuk memastikan apakah benar yang bersangkutan positif terjangkit. Mereka juga bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulance," tutupnya.

 


Sumber: Detik.com