Sedang Dikaji, Gilimanuk-Tabanan Bali Bakal Tersambung Jalan Tol

Sedang Dikaji, Gilimanuk-Tabanan Bali Bakal Tersambung Jalan Tol

21 Januari 2020
Ilustrasi Tol Gilimanuk-Tabanan Bali.

Ilustrasi Tol Gilimanuk-Tabanan Bali.

RIAU1.COM - Ini kabar gembira bagi bagi masyarakat Jawa dan Bali sekitarnya.  Jaringan Tol Trans Jawa bakal tersambung hingga Pulau Bali.

Pemerintah tengah mengkaji rencana pembangunan proyek ini melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rencana tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit.

Ia bahkan menyebut, sudah ada pihak swasta yang memprakarsai pembangunan tol baru dengan trase Gilimanuk-Tabanan.

 

Dia menjelaskan, Tol Gilimanuk-Tabanan ini akan tersambung dengan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.


"Itu sebenarnya menyambung secara jaringan Probowangi, kan dari Probolinggo ke Banyuwangi," kata Danang Parikesit ketika ditemui di sela menghadiri sebuah acara di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (21/1/2020), seperti dilansir CNBC Indonesia. 
 


Terkait rencana menyambungkan Tol Trans Jawa dengan Tol Gilimanuk-Tabanan ini, pihaknya juga tengah berbicara dengan PT ASDP Indonesia Ferry.

Pasalnya, ketersambungan tersebut tetap membutuhkan angkutan penyeberangan yang ada di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk. Dalam hal ini ASDP merupakan operator angkutan penyeberangan di pelabuhan tersebut.

"Kami kemarin juga bicara dengan ASDP untuk bagaimana perbaikan konektivitas tol dengan angkutan penyeberangan, terminal penyeberangan antara Ketapang dan Gilimanuk," kata Danang.

Saat ini, Tol Probowangi memang masih dalam proses pengerjaan.

Danang menilai, jika Tol Probowangi sudah beroperasi, maka kemampuan pelabuhan yang menghubungkan dua pulau tersebut perlu diperhatikan.

 

"Nah tentu saja ini kalau sudah terjadi, Ketapang Gilimanuk juga sudah expanded kapasitasnya, nanti permintaan berikutnya pasti dari Gilimanuk ke tempat lain," katanya.

R1 Hee.