PT Pindad Akan Buat Purwarupa Senapan Sudut untuk Skala Industri di Akhir Tahun Ini

PT Pindad Akan Buat Purwarupa Senapan Sudut untuk Skala Industri di Akhir Tahun Ini

9 April 2019
Senjata corner gun yang digunakan tim SWAT di Amerika Serikat. Foto: Imagenesmy.com.

Senjata corner gun yang digunakan tim SWAT di Amerika Serikat. Foto: Imagenesmy.com.

RIAU1.COM -PT Pindad berencana untuk membuat prototipe senapan sudut atau "Cornershot" (Corner Gun) untuk skala industrinya pada akhir tahun ini. Pengembangan prototipe (purwarupa) senjata Cornershot ini sejalan dengan rencana modernisasi persenjataan dari Kepala Staf TNI AD atau KSAD

"Kalau prototipe senjata ini dari Dinas Penelitian dan Pengembangan atau Dislitbang TNI AD sudah ada sekitar 1 - 2 tahun lalu, Pindad berencana mengeluarkan prototipe senjata yang sama untuk skala industrinya pada akhir tahun ini," kata General Manager Senjata Pindad Yayat Ruyat dikutip dari Antara, Selasa (9/4/2019).

Senjata ini adalah kebutuhan dari pengguna. Saat ini, KSAD mengharapkan adanya modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan salah satu yang diharapkan adalah Cornershot.

Dia juga menambahkan bahwa senjata ini sudah dikembangkan oleh TNI AD. Ke depannya, Pindad akan melakukan industrialisasi senjata Cornershot.

"Diharapkan dengan adanya Cornershot jadinya personel dalam posisi aman dan tetap masih menembak, serta kemampuan (untuk memproduksi) di dalam negeri kita sudah ada, hasil litbang-nya sudah ada, kita akan melakukan industrialisasi," tutur General Manajer Senjata tersebut.

Pengembangan senjata Cornershot merupakan bagian dari rencana target inovasi yang akan dijalankan oleh Pindad pada tahun ini.

Loading...

Selain senjata Cornershot, Pindad pada tahun ini juga akan mengembangkan senapan SS kaliber 7,62mm, pistol polimer dan "heavy barrel", munisi kaliber besar yakni 90mm serta 105mm, dan subsistem kendaran tempur 8x8.

Cornershot merupakan senjata yang pernah didesain pada awal tahun 2000-an untuk kebutuhan personel SWAT Amerika Serikat dan pasukan khusus dalam situasi genting, seperti pembebasan sandera dan pemberantasan teroris.

Fungsi senjata ini mirip dengan teropong senapan penembak jitu atau "sniper", yang memungkinkan penggunanya melihat dan menembak lawannya dalam posisi bersembunyi.