14 Perusahaan Sudah Masuk Daftar Penawaran Saham Perdana di BEI Hingga Bulan Ini

14 Perusahaan Sudah Masuk Daftar Penawaran Saham Perdana di BEI Hingga Bulan Ini

20 Maret 2019
Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna. Foto: Market Bisnis.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna. Foto: Market Bisnis.

RIAU1.COM -Sebanyak 14 perusahaan sudah masuk dalam daftar (pipeline) yang akan melakukan penawaran saham perdana atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari total 14 perusahaan tersebut, ada lima perusahaan dari sektor properti, real estate, dan konstruksi bangunan, serta empat perusahaan dari sektor perdagangan dan investment.

"Yang sudah di-'pipeline' ada 14 perusahaan yang sudah ke bursa," kata Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna dikutip dari Antara, Rabu (20/3/2019).

BEI juga telah bertemu dengan 37 penjamin emisi atau "underwriter". Namun, Nyoman enggan memberikan informasi secara detil.

Dari total 14 perusahaan tersebut, ada lima perusahaan dari sektor properti, real estate, dan konstruksi bangunan, serta empat perusahaan dari sektor perdagangan dan investment. Selanjutnya, sebanyak dua perusahaan dari sektor infrastruktur dan transportasi dan pada sektor industri dasar, konsumer dan keuangan masing-masing sebanyak satu perusahaan.

Pada tahun ini, BEI menargetkan sebanyak 75 perusahaan tercatat di BEI, atau lebih tinggi dibandingkan realisasi pada 2018 lalu sebanyak 57 perusahaan.

"Kami berharap ada 75 pencatatan baru. Tentu itu tidak hanya saham, tetapi obligasi dan juga KIK-EBA," ujar Nyoman.

BEI mengklaim, pencapaian 57 emiten baru tahun lalu merupakan pencapaian terbaik sejak privatisasi BEI dan merupaka yang terbaik di ASEAN.

Pada Rabu ini, PT Wahana Interfood Nusantara Tbk resmi mencatatkan sahamnya di BEI. Emiten dengan kode COCO itu merupakan perusahaan tercatat ketujuh yang tercatat di BEI pada 2019.