Ini Cerita Sandiaga Uno Pernah Jadi Mentor CEO Bukalapak Achmad Zaky

Ini Cerita Sandiaga Uno Pernah Jadi Mentor CEO Bukalapak Achmad Zaky

17 Februari 2019
Sandiaga Uno dapat sambutan ribuan warga saat mengisi sebuah acara di Bandung beberapa waktu lalu.

Sandiaga Uno dapat sambutan ribuan warga saat mengisi sebuah acara di Bandung beberapa waktu lalu.

RIAU1.COM - Sandiaga Salahuddin Uno, Pengusaha muda yang sukses saat ini pernah menjadi mentor Achmad Zaky yang sekarang menjadi CEO Bukalapak. 

Mereka sudah dekat sejak tahun 2007 silam dan pernah mengisi beberapa acara kegiatan usaha bersama di beberapa event. Apalagi saat Sandiaga Uno menjadi Ketua Umum HIPMI. 

Oleh karena itu saat heboh di Medsos soal Bukalapak, Calon wakil presiden Sandiaga Uno enggan mengomentari polemik cuitan CEO Bukalapak Achmad Zaky.

Seperti dikutip Riau1.com dari bisnis.com, Minggu, 17 Februari 2019, Sandiaga mengaku tak mau nimbrung lantaran akan menjadi bias politik.

 

Sandiaga Uno, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, ini lebih sepakat cuitan Achmad Zaky tersebut dibawa ke arah diskursus riset di bidang industri 4.0.

"Saya ingin ini diskursusnya bukan ke politik, tapi research and development," kata Sandiaga di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 16 Februari 2019.

Meski begitu, Sandiaga Uno mau bercerita mengenai kedekatannya dengan Zaky. Sandiaga mengatakan dirinya dan Zaky memang dekat sedari lama. Bahkan, ucapnya, hubungan mereka berdua seperti mentor dan anak bimbingan.

"Saya mentor dan dia mentee. Alhamdulillah sekarang Zaky sudah menjadi unicorn's leader, saya bangga banget," ujarnya.

Sandiaga mengatakan, kedekatannya dengan Zaky bisa ditelusuri melalui berbagai rekam jejak digital.

Dia pun mengaku bangga dengan perkembangan Bukalapak yang didirikan Zaky menjadi salah satu unicorn di Indonesia.

Sandiaga menyebut Bukalapak juga telah tumbuh melebihi perusahaan yang dia dirikan lebih dari 20 tahun lalu, PT Saratoga Investama.

Padahal, Bukalapak berdiri belum sampai sepuluh tahun. "Ini menjadi kebanggaan Indonesia. Mestinya kita mendukung Bukalapak," ujarnya.

Cerita kedekatan Sandiaga dan Zaky juga dibenarkan politikus Gerindra, yang juga sahabat keduanya sejak lama, Miftah Sabri.

Miftah mengatakan, Sandiaga dan Zacky sudah berkenalan sejak sekitar 2007.

Perkenalan itu bermula saat Sandiaga, saat itu Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, menggelar acara Hipmi pergi ke perguruan-perguruan tinggi.

Sandiaga menjadi pemateri yang berbicara soal wirausaha. Adapun Zaky dulu merupakan salah satu peserta di acara yang diisi Sandiaga.

Setelah itu, keduanya berkenalan dan bertukar kontak. Miftah mengatakan, Zaky juga bertemu dengan Sandiaga di awal-awal memulai Bukalapak.

 

"Zaky adalah seorang anak muda peserta pelatihan itu yang mendatangi Sandi setelah acara," kata Miftah kepada Tempo, Jumat, 15 Februari 2019.

Achmad Zaky belum bisa dimintai konfirmasi.

Namun dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Achmad Zaky pernah mengakui bahwa Sandiaga Salahuddin Uno sebagai mentornya.

Salah satunya saat menjadi pembicara bersama Sandiaga di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Juli 2017. 

R1/Hee