Tertibkan Aset, Pemkab Bengkalis akan Luncurkan Aplikasi SI MANIS

16 Oktober 2024
Rapat pembahasan peluncuran aplikasi SI MANIS Pemkab Bengkalis

Rapat pembahasan peluncuran aplikasi SI MANIS Pemkab Bengkalis

RIAU1.COM - Bagian dari upaya meningkatkan kinerja pengelolaan aset, khususnya aset tetap tanah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Tanah Bengkalis (SI MANIS).

Sekretaris BPKAD Bengkalis, Firdaus mempresentasikan aplikasi SI MANIS tersebut bersama Kasubbag Keuangan dan Perlengkapan Budi Herlina dan Tim aplikasi SI MANIS, Selasa, 15 Oktober 2024.

Untuk diketahui, aplikasi SI MANIS ini merupakan sebuah sistem informasi yang mengintegrasikan data Barang Milik Daerah (BMD) khususnya aset tetap tanah yang akan dimanfaatkan dengan informasi sesuai tata ruang serta tata letak BMD.

Dalam presentasi mengenai aplikasi SI MANIS, Firdaus mengatakan saat ini semuanya serba berbasis teknologi. Maka aplikasi yang sedang dikembangkan ini akan mengelola dan mendata mengenai aset milik pemerintah yang berfungsi sebagai data base aset tanah Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selain itu, Firdaus juga menyebutkan bahwa aplikasi ini nantinya akan dijadikan sebagai arsip digital. Karena semua tanah yang sudah bersertifikat akan di upload dalam aplikasi ini.

“Aplikasi ini bukan hanya meng-input data aset tanah saja, tapi juga dengan dokumen yang ada seperti sertifikat. Ini bagian dari inovasi yang kita bangun untuk meningkat kinerja pengelolaan aset tanah,"tutur Firdaus.*