Ternyata Ini Penyebab Saluran Air PDAM Bengkalis Mati Total

2 Juni 2024
PDAM Tirta Terubuk Bengkalis/Sinkap.info

PDAM Tirta Terubuk Bengkalis/Sinkap.info

RIAU1.COM - Ada gangguan layanan, dampak dari perbaikan karena pipa saluran, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Terubuk meminta maaf kepada seluruh pengguna layanan PDAM di Bengkalis.

"Kami atas nama jajaran manajemen mohon maaf kepada pelanggan, karena layanan kami terganggu akibat adanya perbaikan pada pipa, sehingga kondisi air bersih sejak tadi pagi pukul 10.00 WIB dimatikan total,"kata Kepala Bagian Teknik Perumda Air Minum Tirta Terubuk, Abel Iqbal, Ahad, 2 Juni 2024.

Kemudiian Abel menambahkan, disamping itu juga kerusakan/kebocoran terjadi di pipa air baku secara keseluruhan sudah keropos dibagian dalam akibat keasaman air baku dan rencana kedepan akan dilakukan penggantian dari besi ke pipa.

"Saat ini debit air nano 50 Liter/detik sedangkan pompa distribusi rencana akan dinaikkan ke 50 Liter/detik. Karena selama ini kapasitas pompa 35Liter/detik tidak mampu mendistribusikan air untuk jam puncak ke pelanggan," ujar Abel.

Dia menjelaskan untuk menstabilkan air produksi nano filter dan memaksimalkan jam puncak 50 Liter/detik, kemudian volume reservoar harus ditingkatkan agar kestabilan air masuk dan keluar reservoar dapat terjaga. 

"Pada jam 15.35 wib tanggal 2 Juni 2024 kita sudah mulai uji coba kembali distribusi air ke pelanggan. Ini akan kita ukur dan pantau terus supaya kontinuitas air distribusi dapat dijaga," sebut dia.

Sambung dia menambahkan, untuk pelanggan khusus Desa Kelapapati, Sungai Alam dan sekitarnya, PDAM Tirta Terubuk telah merencanakan perbaikan pendistribusiannya. 

"Karena kondisi pipa yang ada saat ini dijaringan distribusi masih juga ditemukan kebocoran. Hal yang paling utama saat ini dikarenakan pipa utama 10 inci yang ada di jalur pipa Jalan Soebrantas sudah lama direncanakan untuk diganti dengan diameter 24 inci melalui kegiatan NUWSP APBN tahun 2022 namun belum terlaksana," tukasnya.*