Muncul Beruang di Permukiman Warga Mandau Bengkalis

Muncul Beruang di Permukiman Warga Mandau Bengkalis

17 September 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Munculnya seekor beruang madu di permukiman warga, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, direspons Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau 

Langkah yang telah dilakukan antara lain adalah memasang kerangkeng perangkap di sekitar lokasi munculnya harimau.

Kepala Bidang Teknis KSDA Riau Ujang Holisudin mengatakan, saat ini anggota Seksi BBKSDA Riau Wilayah Tiga Dur, sedang melakukan penanganan di lokasi. 

"Saat ini tim sedang melakukan penanganan di lokasi,” kata Ujang, Selasa (17/9).

Sejauh ini, sebut Ujang, tim belum terlihat kemunculan beruang tersebut. "Tim juga sudah memasang perangkap di lokasi, sudah empat hari. Namun, beruang belum muncul,” tutur Ujang.

Menurut warga yang merekam video kemunculan beruang, disebutkan satwa tersebut terlihat pincang. Namun, saat muncul beruang tidak menyerang.

Hasil pengamatan terhadap video warga tersebut, pihaknya memperkirakan beruang memiliki berat 60 kg dengan tinggi sekitar 75 sentimeter.

Pihaknya memperkirakan beruang tersebut masuk pemukiman warga karena habitatnya sudah berkurang dan kesulitan mencari makan.

“Diperkirakan beruang muncul karena habitatnya berdekatan dengan Suka Marga Satwa Balai Raja,” terang Ujang.

Mencegah terjadinya konflik manusia dan beruang, Ujang mengimbau masyarakat dapat tetap waspada, khususnya pada sore hingga malam.

“Kami menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di malam hari, khususnya agar anak-anak tidak bermain di luar rumah,” pesan Ujang.