Membanggakan, Pelajar SMAN 1 Bengkalis Juara Olimpiade Pertanian

26 Oktober 2024
Tiga Pelajar SMAN 1 Bengkalis yang jadi juara Olimpiede Petanian Indonesia

Tiga Pelajar SMAN 1 Bengkalis yang jadi juara Olimpiede Petanian Indonesia

RIAU1.COM - Tiga pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bengkalis, Ahad 26 Oktober 2024 ditetapkan sebagai juara ajang kompetisi Olimpiede Petanian Indonesia, yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Ketiga pelajar SMAN 1 Bengkalis yang mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis sekaligus Provinsi Riau di level nasional ini, adalah Muhammad Farhad Hidayat, Hendrison dan Ivan Lim, kelas XII. 

Atas keberhasilan meraih posisi puncak pada kompetisi Olimpiader Pertanian Indonesia, maka ketiga putra terbaik Kabupaten Bengkalis ini mendapatkan penghargaan Golden Tikect, yakni masuk ke Fakultas Pertanian IPB tanpa tes. Tak hanya itu, sang  juara juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp15 juta serta sertifikat penghargaan. 

“Alhamdulillah, tiga anak didik kami mampu mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis sekaligus Provinsi Riau di level nasional. Tentu prestasi ini menjadi motivasi besar bagi kami, khususnya para pelajar dan pendidikan untuk terus berpacu meningkatkan kompetensi,” kata Kepala SMAN 1 Bengkalis, Nurhadi, Ahad 26 Oktober 2024.

Sambung Nurhadi mengungkapkan, pada tahap penyisihan tahap daring, ketika pelajar SMAN 1 Bengkalis berhasil menyisihkan peserta dari klaster Riau dan Sumatera Barat. Yakni meraih posisi pertama, diikuti MAN 4 Tanah Datar posisi kedua dan SMAN 10 Padang posisi ketiga. 

Meraih juara pertama klaster Riau-Sumbar, otomatis masuk ke seminal, selanjutnya untuk bersaing dengan utusan dari 9 klaster di Indonesia yang diselenggarakan selara  langsung (luring) di IPB. 

“Dari sembilan kluster dibagi tiga grup, kemudian dikonteskan lagi. Alhamdulillah, anak-anak kami mampu menyisihkan seluruh utusan dari 8 klaster, dan akhirnya meraih gelar juara pertama,” sebut Nurhadi.*