Libur Akhir Pekan, Berikut Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini

Libur Akhir Pekan, Berikut Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini

15 September 2024
Kondisi cuaca Kota Bengkalis/Net

Kondisi cuaca Kota Bengkalis/Net

RIAU1.COM - Prakiraan cuaca untuk Provinsi Riau, Ahad 15 September 2024 disampaikan BMKG Pekanbaru

Memasuki siang hari, cuaca cerah berawan hingga berawan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah, termasuk Kabupaten Rokan Hulu.

"Kemudian di wilayah Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Siak, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, serta Kota Dumai dan Kota Pekanbaru," kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Sanya G.

Menjelang sore hari, kondisi cuaca akan tetap cerah berawan hingga berawan. Hujan dengan intensitas yang sama akan berlanjut di beberapa wilayah tersebut.

"BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang, terutama di Kabupaten Pelalawan, Siak, dan Kampar pada siang hingga sore hari," ujarnya.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan akan cerah berawan hingga berawan. Hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hilir. Kondisi ini akan berlanjut hingga dini hari, di mana cuaca diperkirakan kabur hingga berawan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan deras yang mungkin disertai petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari. Kami akan terus memantau perkembangan cuaca dan memberikan informasi terbaru untuk memastikan keselamatan bersama," imbau Forecaster BMKG Pekanbaru.

Untuk suhu udara hari ini diperkirakan berkisar antara 23.0 hingga 33.0°C. Kelembapan udara akan bervariasi antara 60 hingga 99%. Angin bertiup dari selatan hingga barat dengan kecepatan antara 10 hingga 30 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di wilayah perairan Provinsi Riau menunjukkan tinggi gelombang berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter, yang tergolong rendah. Masyarakat di sekitar perairan diimbau untuk tetap memperhatikan kondisi ini.

Berdasarkan data terbaru pukul 23.00 WIB, total hotspot di wilayah Sumatera mencapai 131 titik. Rinciannya adalah Jambi dengan 11 titik, Lampung 13 titik, Sumatera Barat 2 titik, Sumatera Selatan 46 titik, Kepulauan Riau 1 titik, dan Bangka Belitung 58 titik.

"Untuk Provinsi Riau, saat ini tidak terdeteksi adanya hotspot. Ini menunjukkan bahwa situasi kebakaran hutan di wilayah ini relatif terkendali pada saat ini," tukasnya.*