Upaya Konektivitas Akses Internet Semua Desa di Bengkalis Dilanjutkan

Upaya Konektivitas Akses Internet Semua Desa di Bengkalis Dilanjutkan

26 Juni 2024
Pertemuan Wabup Bengkalis, Bagus Santoso dengan Tim Bakti Kemenkominfo

Pertemuan Wabup Bengkalis, Bagus Santoso dengan Tim Bakti Kemenkominfo

RIAU1.COM - Rencana Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo yang melanjutkan target semua desa terhubung dengan konektivitas digital khususnya di desa-desa yang sebelumnya tidak terjamah layanan internet, disambut baik Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Wabup Bagus Santoso mendukung penuh dan menyambut baik rencana BAKTI Kominfo yang memberikan solusi untuk persoalan yang dihadapi masyarakat desa. Menurutnya penyelesaian proyek BTS 4G menjadi tugas mulia meski tidak mudah.

"Internet sudah menjadi kebutuhan semua lapisan masyarakat, untuk itu Pemkab Bengkalis siap bersinergi untuk memfasilitasi, agar masyarakat di desa 3T dapat memanfaatkan BTS 4G," kata Wabup Bagus saat menerima audiensi Tim Konektivitas Divisi BU II Direktorat Layanan Teknologi Informasi untuk Badan Usaha Bakti, Indra Pratama Prianova.

Wabup Bagus Santoso berharap 136 desa di Kabupaten Bengkalis dapat menikmati akses internet seperti halnya yang akan diterapkan di Desa Tameran, Kecamatan Bengkalis.

Tim Konektivitas Divisi BU II Direktorat Layanan Teknologi Informasi untuk Badan Usaha Bakti, Indra Pratama Prianova mengatakan, BAKTI akan melanjutkan kontrak layanan Base Tranceiver Station (BTS) 4G untuk Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) dan perbatasan. Di Kabupaten Bengkalis desa yang menjadi percontohan adalah Desa Tameran, Kecamatan Bengkalis.

"Kami upayakan di 2025 seluruh desa berpemukiman sudah bisa ter-cover internet.  Kita tahu ekonomi digit itu bisa terjadi ketika ada basisnya yaitu internet," kata Indra.*