Kemenparekraf Bantu Desa Wisata Bukit Batu Bengkalis Rp120 Juta

26 Oktober 2024
Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis  saat menerima bantuan DPUP

Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis saat menerima bantuan DPUP

RIAU1.COM - Belum lama ini Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis menerima bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata (DPUP) dari Kementeriam Pariwisata dan Ekonomi Kretatif (Kemenparekraf) sebesar Rp120 juta.  

Bantuan merupakan tindak lanjut dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), diserahkan Kemenparekraf melalui Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Anggara Hayun Anujuprana.

Selain Desa Wisata Bukit Batu, Bantuan DPUP Ekonomi Kreatif ini juga diserahkan kepada 24 desa wisata dari 150 desa wisata pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, 2022 dan 2023. Bantuan diserahkan agar desa wisata semakin tangguh dan bermanfaat untuk desa wisata khususnya pelaku ekonomi kreatif.

Ketua Desa Wisata Bukit Batu Juwandi, menjelaskan DPUP adalah program pemerintah (Kemenparekraf) untuk pengembangan Desa Wisata di Indonesia dan secara maksimal Desa Wisata Bukit Batu Kab. Bengkalis mengikuti tahapan seleksi yang telah ditetapkan dengan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Bukit Batu.

"Alhamdulilllah, kami merasa bangga menjadi bagian DPUP tahun 2024 Kemenparekraf, harapan kami program desa wisata dan DPUP terus berlanjut karena sangat bermanfaat untuk pengembangan desa wisata terutama untuk pelaku ekonomi kreatif," jelas Juwandi, Ahad 26 Oktober 2024.

Dikatakan Juwandi, dari Provinsi Riau terdapat dua desa wisata yang lolos yaitu Desa Wisata Bukti Batu dan Desa Wisata Dayun. Selanjutnya dana DPUP yang diterima, nantinya akan dimanfaatkan untuk menunjang desa wisata seperti ekonomi kreatif masyarakat, penunjang insfrastruktur dan lainnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan kegiatan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) Bantuan Pemerintah Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP), literasi keuangan dan literasi bisnis bagi 24 desa wisata yang dinyatakan lulus kurasi dewan juri.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Barekraf Anggara Hayun Anujuprana dalam sambutannya di Desa Hotel Mercure Sepong Alam Sutera, Rabu 23 Oktober 2024, mengatakan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diharapkan menjadikan desa wisata semakin tangguh dan bermanfaat untuk desa wisata khususnya pelaku ekonomi kreatif.*