Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Digelar Teknik Sipil Politeknik Bengkalis

Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Digelar Teknik Sipil Politeknik Bengkalis

15 September 2024
Peserta Uji Sertifikasi Kompetensi Teknik Sipil Politeknik Bengkalis

Peserta Uji Sertifikasi Kompetensi Teknik Sipil Politeknik Bengkalis

RIAU1.COM - Pembekalan dan fasilitasi uji setifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi SDM vokasional digelar Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) bersama Kementerian PUPR bekerjasama dengan BJKW 1 Banda Aceh.

Kegiatan dilaksanakan berdasarkan UU No.2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi, selama dua hari Kamis dan Jum’at. Diikuti 113 mahasiswa Polbeng dan Juga Alumni Jurusan Teknik Sipil. Dengan tujuan untuk meningkatkan dan menghasilkan sumber daya manusia di bidang konstruksi yang produktif dan kompeten.

Uji sertifikasi dilaksanakan 1 (satu) hari, dengan jabatan kerja yang akan diuji sertifikasi meliputi; Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung, Jenjang 5, Supervisor K3 Konstruksi, Jenjang 5, Pelaksana Lapangan Perkerasan Jalan Beton, Jenjang 6, Pelaksana Pemeliharaan Jalan, Jenjang 6, Quantity Surveyor Utama, Jenjang 6, Supervisor K3 Konstruksi Utama, Jenjang 6, Teknisi Laboratorium Beton Aspal Utama, Jenjang 6.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yang diwakili oleh Jafung Madya Bapak Donni Suhendra mengatakan kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan SDM bidang jasa konstruksi yang berkelanjutan sangat diperlukan melalui uji sertifikasi dan kompetensi. 

"Hal ini agar SDM yang dihasilkan produktif dan kompeten serta memiliki mental dan moral yang baik menjadi tantangan dan tanggungjawab bersama. Uji kompetensi ini setidaknya 3 bidang terkait pengetahuan, keterampilan dan yang paling penting attitude," katanya.

Lalu Donni menambahkan, saat ini peluang kerja di sektor jasa konstruksi baik pada tingkat nasional maupun regional cukup potensial khususnya wilayah yang saat ini sedang membangun sarana dan prasarana berupa transportasi, gedung serta fasilitas penunjang lainnya yang baru, pastinya memerlukan tenaga–tenaga Ahli dan terampil di bidangnya masing-masing, 

"Maka sektor jasa kontruksi dapat memberikan kontribusinya bagi perluasan dan pengembangan kesempatan kerja yang sekaligus mengurangi pengangguran,"ujarnya.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng)Johny Custer mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim dari BJKW I Banda Aceh yang sudah berkenan datang ke Polbeng sekaligus juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Sipil untuk mengikuti kegiatan uji kompetensi.*