Mentayan Bengkalis Terbaik Kedua Desa Berkinerja Baik dalam Penurunan Stunting

Mentayan Bengkalis Terbaik Kedua Desa Berkinerja Baik dalam Penurunan Stunting

7 September 2024
Penyerahan penghargaan pada Desa Berkinerja Baik dalam penanganan stunting

Penyerahan penghargaan pada Desa Berkinerja Baik dalam penanganan stunting

RIAU1.COM - Desa Mentayan, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis meraih peringkat kedua sebagai Desa Berkinerja Baik dalam Konvergensi Penurunan Stunting tahun 2024.

Penghargaan diserahkan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, A Halim Iskandar, kepada Penjabat Kepala Desa Mentayan, Honest Nazaldy di Jakarta pekan ini.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses penilaian yang panjang mulai dari tingkat kabupaten, propinsi dan nasional, akhirnya Desa Mentayan meraih penghargaan nasional peringkat kedua. Tentu kita sangat bersyukur atas pencapaian ini,” kata Plt. Kepala Dinas PMD kabupaten Bengkalis, Ismail, Rabu 4 April 2024.

Prestasi yang dicapai Desa Mentayan merupakan implementasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang berkomitmen tinggi melakukan upaya-upaya konvergensi percepatan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Bengkalis menuju zero stunting. Kebijakan tersebut dilaksanakan di seluruh desa dan kelurahan dalam Kabupaten Bengkalis secara inovatif.

Terpisah Bupati Bengkalis Kasmarni, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Desa Mentayan atas capaian prestasi di level nasional, dalam upaya penurunan stunting di daerah.

Bupati Kasmarni mengatakan prestasi ini harus menjadi motivasi besar bagi Pemerintah dan masyarakat Desa Menyatan, untuk mempertahankan. Tak hanya itu diharapkan seluruh pemeritah desa di Kabupaten Bengkalis maupun Tim Percepatan Penurunan Stunting mulai level kabupaten, kecamatan maupun desa kelurahan untuk lebih serius dalam penangan stunting.  

“Kami sangat bangga atas penghargaan yang diterima Desa Mentayan. Capaian ini, sebuah cambuk dan tantangan bagi seluruh pemangku kepentingan di Negeri Junjungan,” ujar Kasmarni.*