Setelah Belasan Tahun IPA C Perumda Tirta Terubuk Bengkalis Dibangun, Akhir Difungsikan

Setelah Belasan Tahun IPA C Perumda Tirta Terubuk Bengkalis Dibangun, Akhir Difungsikan

4 Desember 2021
Kantor Perumda Tirta Terubuk Bengkalis

Kantor Perumda Tirta Terubuk Bengkalis

RIAU1.COM - Akhirnya Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Terubuk Bengkalis mengoperasikan Instalasi Penampungan Air (IPA) C yang sempat tidak dioperasionalkan selama 12 tahun usai dibangun. 

Pengoperasian IPA C untuk memenuhi persyaratan program National Urban Water Suply Project (NUWSP) Kementerian PUPR. Rencana program NUWSP akan memberikan bantuan bangunan atau fisik kepada Perumda Tirta Terubuk di kecamatan Bengkalis. 

Seperti itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Teknik Perumda Tirta Terubuk, Abel Iqbal kepada wartawan, Jumat 3 Desember 2021.

Menurutnya, pihak Kementerian sempat meminta agar IPA C yang ada di kantor Tirta Terubuk dioperasikan terlebih dahulu sebelum bantuan fisik program NUWSP disalurkan ke kecamatan Bengkalis. 

"Hasil penggunaan IPA C yang sudah 12 tidak digunakan ini, dilaporkan kepada mereka. Kita sudah mulai mengoperasikannya sejak Oktober kemarin. Serta sudah laporkan kepada pusat terkait hasil pengelolaan air menggunakan IPA C tersebut,"ujar Abel.

Menurutnya, satker pengelolaan air pusat sangat puas dengan hasil pengoperasian IPA C tersebut,"Memang hasil air yang dikelola dengan menggunakan IPA C ini memang jauh lebih baik, karena filter air yang ada di IPA C lebih luas dari IPA lainnya,"ujarnya lagi.

"Kapasitas terpasang juga cukup besar dari IPA yang lain sekitar tujuh puluh lima liter perdetik. Sedangkan yang lama hanya lima puluh liter,"sambungnya.

Diutarakanya lagi, dengan dioperasikannya IPA C yang sempat terbengkalai ini pihaknya berharap bisa meningkatkan kualitas air yang didistribusikan kepada masyarakat kecamatan Bengkalis. 

Selain itu program pembangunan fisik dari NUWSP juga bisa mulai direalisasikan Kementerian PUPR di Kecamatan Bengkalis mulai tahun 2022 mendatang.

"Untuk diketahui program NUWSP dari Kementerian PUPR di Bengkalis sudah berjalan pada akhir tahun 2020 lalu. Program ini, mereka membangunkan Pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) di di wilayah cabang Tirta Terubuk yang ada di  Sungai Pakning kecamatan Bukit Batu," tuturnya.*