Tambak Udang Vanname di Pulau Bengkalis Dapat Bantuan

8 Oktober 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Saat ini PT PLN ULP Bengkalis terus berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan, khususnya usaha tambak udang vanname di Pulau Bengkalis. Perusahaan plat merah ini juga ikut andil mejaga keseimbangan ekosistem sekitar tambak. 

Hal itu disampaikan Manajer PT PLN ULP Bengkalis, Andiko Bestari usai melakukan penyerahan dan penanaman bibit mangrove kepada petani tambak udang vanname di Desa Berancah Kecamatan Bantan. Lokasi ini merupakan salah satu kegiatan dari program Gesa Listrik Agribisnis Tambak Vanname disingkat “Geliat Vanname” PLN UP3 Dumai, Kamis (7/10/2021).

“Listrik merupakan kebutuhan mendasar bagi petambak udang vanname. Program 'Geliat Vanname' PLN UP3 Dumai merupakan bentuk dukungan kami untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan di Pulau Bengkalis. Sekaligus ikut andil dalam mejaga keseimbangan ekosistem sekitar tambak. Sampai saat ini kami telah melakukan penyerahan dan penanaman bibit bakau sebanyak 900 batang,” paparnya.

“Mudah mudahan dengan adanya program ini bisa menumbuhkan semangat baru dari petani tambak. Di samping menjalankan bisnisnya, mereka juga memperhatikan keseimbangan ekosistem," sambung Andiko.

Seperti diketahui bersama, sebut dia lagi, Pulau Bengkalis merupakan pesisir Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Sebagian besar kontur alamnya adalah lahan gambut dan isu terkait lingkungan dan abrasi menjadi isu yang perlu perhatian serius.

“Mari kita jaga ekosistem di Pulau Bengkalis ini,” tukasnya.*