Petugas Berjibaku Padamkan Api, Karhutla di Bengkalis Terus Meluas

Petugas Berjibaku Padamkan Api, Karhutla di Bengkalis Terus Meluas

2 Maret 2021
Petugas Berjibaku Padamkan Api, Karhutla di Bengkalis Terus Meluas

Petugas Berjibaku Padamkan Api, Karhutla di Bengkalis Terus Meluas

RIAU1.COM -Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis dilaporkan masih terus terjadi dan meluas.
Saat ini, Petugas gabungan terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, petugas dari sejumlah perusahaan serta Manggala Agni masih berjibaku memadamkan dimana titik api tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis melaporkan, Senin (1/3) hingga pukul 18.00 WIB Karhutla terjadi di lima kecamatan, yaitu di Kecamatan Rupat yang sudah memasuki hari ke sembilan. Disana lahan gambut tipis semak belukar sekitar 6 hektar yang berada di Desa Dungun Baru. 

Kemudian, kebakaran lahan masyarakat Kolidor L2 Perbatasan PT. Priatama  Kelurahan Tanjung Kapal, pada hari ke 9 Karhutla sudah mencapai 6 hektar. Hingga kini, tim gabungan melakukan pemadaman dan pendinginan dimana masih ada titik- titik api dan asap dilokasi Karhutla.


Kebakaran juga dilaporkan terjadi di lahan gambut tipis perkebunan karet dan semak belukar di Desa Makeruh, Kecamatan Rupat diperkirakan sebanyak 2 hektar. Disamping itu, kebakaran lahan gambut juga terjadi di Dusun Tambusu, Desa Buluh Apo, Kecamatan Pinggir yang dilaporkan masih mencapai satu hektar.

Kemudian, kebakaran lahan terjadi di Dusun Permai, Desa Pambang Pesisir berbatasan dengan sempadan Desa Pambang Baru. Memasuki hari ketiga, lahan terbakar sudah mencapai sekitar 3,5 hektar. 

Disana masih terdapat titik api dan asap, titik api masih terdeteksi, petugas masih berjibaku untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di beberapa titik yang kemungkinan masih bisa menimbulkan titik api baru.

Kebakaran lahan juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Bengkalis, lahan kebun karet dan semak belukar di Dusun Simpang Baru, Desa Teluk Latak, Kecamatan Bengkalis, perbatasan Desa Meskom. Diperkirakan luas lahan terbakar sudah mencapai 5 hektar.

Loading...


Dilaporkan masih terjadi kebakaran lahan semak belukar di Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau dan sudah memasuki hari kedua. Luas lahan gambut yang terbakar di daerah ini sudah mencapai sekitar 30 hektar. Dilokasi petugas gabungan masih berjibaku melakukan pemadaman. 

"Jarak tempuh untuk ke lokasi kebakaran ini sulit dan jauh, berjalan kaki sekitar 5 kilometer,"beber Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bengkalis Tajul Mudarris kepada wartawan, Selasa 2 Maret 2021.

Sedangkan, di Kecamatan Talang Muandau dilaporkan juga terjadi kebakaran kebun sawit masyarakat di Dusun Pematang Gonting, Desa Koto Pait Beringin dengan luas lahan terbakar dilaporkan sekitar 1 hektar. 

"Saat ini, kondisi api berhasil padam tinggal melakukan pendinginan total agar tidak hidup kembali,"pungkasnya. (hari)