Mulai Besok, Satlantas Polres Bengkalis Gelar Operasi Zebra Muara Takus 2019

Mulai Besok, Satlantas Polres Bengkalis Gelar Operasi Zebra Muara Takus 2019

22 Oktober 2019
Ilustrasi operasi zebra

Ilustrasi operasi zebra

RIAU1.COM - Satlantas Polres Bengkalis kembali menggelar Operasi Zebra Muara Takus pada 23 Oktober sampai 5 November 2019 mendatang, yang juga digelar serentak seluruh Indonesia.

Kasatlantas Polres Bengkalis, AKP Hairul Hidayat menuturkan, operasi ini rutin dilakukan setiap tahun dan lebih mengutamakan penegakan hukum bagi para pelanggar lalu lintas.

"Kita akan mulai melaksanakan Operasi Zebra Muara Takus pada Rabu besok, tepatnya 23 Oktober 2019. Sebelum itu kita akan melaksanakan apel gelar pasukan," ujar Hairul, Selasa 22 Oktober 2019.

Kasat melanjutkan, pelanggaran yang ditindak yakni pengendara roda dua maupun roda empat yang menggunakan telepon genggam saat berkendara, karena bisa berakibat fatal.

"Adapun sasaran yang akan ditindak seperti menggunakan ponsel saat berkendara, berboncengan lebih dari dua orang, berkendara dalam kondisi mabuk dan pengemudi yang melawan arus," tuturnya.

Masih kata Hairul, selain itu juga pelanggaran kasat mata lainnya, seperti tidak menggunakan helm SNI dan juga pengendara yang melaju melebihi kecepatan maksimum, dalam arti ugal-ugalan.

"Ada 7 prioritas yang akan kita tindak dalam operasi ini, yang tentunya berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal bagi pengendara dan pengguna jalan lainnya," jelasnya.

Kasat mengungkapkan, pihaknya juga akan melibatkan unsur gabungan TNI, Dishub dan unsur terkait lainnya. "Razia kelengkapan anggota polisi ini rutin dilakukan. Karena bagi penegak hukum, sebelum kemasyarakat ia harus patuhi dulu aturan berlalu lintas," tegasnya.